Perawatan Aki Kering yang Benar dan Sesuai Standar

  • Whatsapp
Perawatan Aki Kering yang Benar dan Sesuai Standar

aramedia.ID – Banyak peemilik kendaraan bermotor yang mengabaikan perawatan aki kering kendaraan mereka. Padahal, aki merupakan salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan bermotor yang harus dalam kondisi terbaik.

Padahal seperti kita ketahui, aki memiliki peranan yang cukup penting sebagai sumber tenaga listrik yang ada di motor, misalnya untuk sistem pencahayaan, sampai dengan mengaktifkan mesin kendaraan.

Bacaan Lainnya

Jika aki tidak dirawat dengan baik, imbasnya  tentu kendaraan akan menjadi mogok dan susah untuk dihidupkan terutama pada pagi hari.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini redaksi aramedia.ID akan memberikan tips bagaimana cara yang benar dalam perawatan aki kering yang sesuai dengan standar yang dianjurkan.

Cara Perawatan Aki Kering

Mengutip dari berbagai sumber, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk memastikan kondisi aki kering kendaraan Anda dalam kondisi prima.

  • Rutin Menggunakan Kendaraan Tersebut
Baca Juga :  Aki Mobil Sering Tekor, 4 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Salah satu tips atau cara yang paling efektif dalam merawat aki kering adalah dengan rutin untuk menyalakan atau menggunakan kendaraan tersebut.

Mengapa? hal ini dikarenakan aliran listrik yang dihasilkan oleh aki kering berasal dari reaksi antara cairan elektrolit dengan pelat elektroda yang ada terdapat dalam aki.

Nah, jika kendaraan tidak dinyalakan atau digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama maka reaksi antara cairan dengan elektroda tidak akan terjadi, efeknya aki tidak bisa menyuplai listrik untuk komponen kendaraan Anda.

Karena itu, pastikan Anda menggunakan kendaraan tersebut atau paling tidak menyalakan atau memanaskannya setiap pagi setidaknya 10 sampai 15 menit saja.

  • Hindari Menggunakan Aksesoris yang Berlebihan

Tips berikutnya untuk merawat aki kering agar awet adalah dengan menghindari menggunakan atau memasang beragam aksesoris yang menggunakan aliran listrik di kendaraan Anda.

Beban listrik yang terlalu banyak yang diakibatkan pemasangan aksesoris akan membuat kinerja aki menjadi semakin berat, imbasnya aki akan mudah boros energi

Aksesoris seperti pemasangan lampu, klakson atau aksesoris lainnya yang menggunakan suplai listrik dari aki akan menurukan performa aki itu sendiri.

Baca Juga :  Tahapan Cara Urus STNK Hilang, Mudah dan Murah

Jadi, bijakalah dalam memilih dan memasang aksesoris kendaraan Anda.

  • Pastikan Kunci Off Saat Motor Terparkir

Selanjutnya, tips agar aki kering pada kendaraan Anda awet dan tahan lama adalah dengan memastikan kunci kendaraan pada posisi off saat terparkir.

Beberapa tipe kendaraan terbaru, dilengkapi dengan fitur lampu otomatis yang akan langsung menyala jika kunci motor on, meski mesin belum hidup.

Karena itu, pastikan bahwa ketika adan memarkir dan mesin motor mati pastikan bahwa kunci motor dalam status off, agar lampu tidak terus-terusan menyala yang akan berakibat pada borosnya aki kendaraan.

  • Pastikan Kondisi Aki Bersih

Dalam beberapa kasus ditemui, terminal elektroda positif dan negatif  akan ditutupi oleh kerak berwarna putih yang disebabkan oleh longgarnya sambungan atau baut pada kedua bagian tersebut.

Karenanya jika muncul kerak, sebaiknya segera di bersihkan dengan cara menyiram air panas pada bagian yang terkena kerak lalu bersihkan dengan cara menyikatnya menggunakan sikat kawat

  • Pastikan Altenator/Spull dalam Kondisi Prima
Baca Juga :  Benarkah Ban Tubeless Bisa Lebih Awet Jika diisi Nitrogen ?

Altenator atau sering juga disebut dengan spull, merupakan komponen penyuplai kebutuhan listrik AC  yang dihasilan oleh putaran mesin.

Jika komponen ini bermasalah, maka imbasnya pengisian aki menjadi tidak normal bahkan motor bisa mati total karena tidak adanya suplai listrik untuk menyalakan mesin.

Jadi, pastikan komponen spull dalam kondisi baik dan prima.

  • Pastikan Aki Tidak Bocor

Terakhir, tips dalam perawatan aki kering adalah dengan memastikan bahwa tidak ada kebocoran pada aki itu sendiri.

Selain menyebabkan aki menjadi tidak bisa digunakan, adanya kebocoran pada cairan elektrolit pada aki akan menimbulkan masalah lain, yakni munculnya korosi akibat terkena cairan dari aki tersebut.

Dari berbagai penjelasan yang sudah redaksi jelaskan diatas, merawat aki merupakan salah satu prioritas dalam perawatan kendaraan.

Karena begitu pentingnya fungsi aki dalam kendaraan, maka perawatan aki kering ini, baik aki mobil maupun aki motor sebaiknya selalu rutin dilakukan agar kondisi aki selalu dalam kondisi prima.

Demikian penjelasan redaksi dalam tips merawat aki kering kali ini, semoga bermanfaat.

Pos terkait