Ciri-Ciri Aki Mobil Soak yang Sebaiknya Anda Ketahui

  • Whatsapp
Ciri-Ciri Aki Mobil Soak yang Sebaiknya Anda Ketahui

aramedia.ID – Sebelum mobil Anda benar-benar tidak bisa dinyakalan karena masalah aki yang ngedrop, sebaiknya Anda harus lebih sejak dini mengenali ciri-ciri aki mobil soak agar bisa melakukan antisipasinya.

Pasalnya, jika aki mobil sudah soak dan Anda abaikan tanpa dilakukan penanganan yang tepat maka tak heran kejadian mobil mogok tak mau di-starter atau dinyalakan ini akan kerap Anda alami.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini redaksi akan mengulas secara detail beberapa ciri aki mobil yang sudah soak atau usang, agar  bisa dilakukan penanganan yang tepat.

Ciri-Ciri Aki Mobil Soak

Seperti yang dijelaskan oleh mekanik resmi dari Suzuki, ada beberapa ciri-ciri yang bisa jadi penanda jika mobil kesayangan Anda sedang bermasalah terkait sumber kelistrikan tersebut.

Baca Juga :  Jangan Asal Beli, Ini Tips Memilih Lampu Kabut yang Berkualitas Baik

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri aki mobil yang soak:

  • Mobil Sulit di-starter

Ciri-ciri aki mobil soak yang pertama ditandai dengan susahnya mobil ketika akan distarter atau dinyalakan terutama pada pagi hari.

Jika biasanya dengan satu kali atau dua kali starter mesin sudah langsung menyala, namun ketika distarter sampai harus tiga kali atau lebih baru bisa menyala, hal itu sudah bisa dipastikan aki mobil yang sudah mulai bermasalah.

Segera cek kondisi aki untuk perawatan atau bahkan bila dirasa perlu segera lakukan pergantian Aki jika memang sudah tidak memungkinkan untuk dipakai lagi.

  • Nyala Lampu Mulai Redup
Baca Juga :  Cara Membedakan Kulit Jok Motor yang Berkualitas Baik dan Jelek

Ciri-ciri lainnya yang merupakan tanda jika komponen kelistrikan ini sudah mulai menunjukan gejala rusak adalah  nyala lampu mobil yang sudah tidak seterang biasanya.

Ini bukan karena bohlam lampu yang putus atau bermasalah, tapi memang suplai listrik menuju sistem penerangan tidak sekuat biasanya dikarenakan lemahkanya arus dari aki.

  • Bunyi Klakson Lemah

Selain nyala lampu yang mulai redup, ciri lainnya ditunjukan dengan bunyi klakson yang tidak lagi senyaring yang seharusnya.

Hal ini disebabkan arus listrik yang dibutuhkan oleh komponen klakson tidak bisa terpenuhi dengan baik dikarenakan kondisi aki yang sudah tidak normal.

  • Cek Indikator Aki Pada Dashboard

Terakhir untuk memastikannya, Anda bisa mengecek lampu indikator aki pada dahboard mobil Anda. Ada beberapa arti mengenai kondisi aki yang didasarkan pada warna lampu yang muncul.

  1. Warna biru menunjukkan aki masih dalam kondisi prima.
  2. Warna putih adalah tanda jika aki butuh charge
  3. Warna merah menunjukan jika Aki sudah soak atau butuh diganti.
Baca Juga :  Siap-siap, Jawa Timur Bakal Terapkan Tilang Elektronik

Dengan mengenali ciri-ciri aki mobil soak seperti yang sudah redaksi jelaskan diatas, maka Anda akan terhindar dari kemungkinan mobil mogok yang tentu akan terasa sangat menjengkelkan.

Apabila kondisi aki mobil yang mengalami masalah yang cukup parah, misalnya aki mobil sering tekor atau drop, sebaiknya segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk dilakukan penanganan yang tepat.

Demikian beberapa hal yang sebaiknya anda ketahui terkait tanda atau ciri jika aki mobil kesayangan Anda dalam kondisi yang sedang bermasalah. Semoga bermanfaat.

Pos terkait