Gunakan Jenis Pupuk Buah Ini Agar Tanaman Lekas Berbuah

  • Whatsapp
Gunakan Jenis Pupuk Buah Ini Agar Tanaman Lekas Berbuah

aramedia.ID – Ketika merawat tanaman, terutama tanaman buah sangat dianjurkan untuk memberi pupuk yang tepat dan takaran yang pas. Salah satunya adalah dengan memberikan jenis pupuk buah yang sesuai dengan jenis tanaman agar hasilnya tidak mengecewakan.

Karena, jika dalam memberikan jenis pupuk asal-asalan dan tidak memperhatikan jenis pupuk yang diberikan, alih-alih membuat tanaman buat lekas menghasilkan, justru hal tersebut terkadang akan membuat tanaman jadi sulit untuk berbuah.

Bacaan Lainnya

Karena itu, pada kesempatan kali ini redaksi aramedia.ID akan memberikan informasi mengenai beberapa jenis pupuk buah yang cocok dan sesuai agar tanaman buah milik Anda lekas menghasilkan.

Jenis Pupuk Buah yang disarankan

Namun sebelumnya perlu diingat, jenis tanaman buah yang dimaksud disini adalah jenis tanaman buah kecil yang sering dibudidayakan dalam skala rumahan.

Baca Juga:  Mau Jualan Buah dibulan Puasa? Ini Jenis Buah yang Paling Laris

Misalnya, jenis tanaman tomat, cabai, serta aneka jenis tanaman sayuran seperti terong dan sejenisnya yang ditanaman pada media kecil seperti pot atau polybag.

Pasalnya, jenis tanaman tersebut merupakan salah satu jenis tanaman yang kerap ditanamn terutama oleh meraka yang memiliki lahan sisa di pekarangan rumah untuk sekedar hobby atau mengisi waktu luang.

  • Pupuk Kandang

Ini merupakan salah satu jenis pupuk alami yang mungkin paling sering kita dengar. Pupuk yang dihasilkan dari kotoran hewan ini, ternyata sangat bermanfaat bagi tanaman.

Selain menyuburkan tanaman, pemberian pupuk kandang juga akan membuat aneka tanaman yang Anda budidayakan akan cepat menghasilkan.

Baca Juga:  Timun Termasuk Buah Atau Sayur? Ini Penjelasannya

Dalam pupuk kandang, banyak terkandung unsur hara lengkap mulai dari fosfor, nitrogen, magnesium, kalsium, besi, tembaga, hingga belerang.

Kotoran dari hewan seperti sapi, ayam, kambing, atau lainnya yang diolah dan difermentasi sangat cocok digunakan untuk jenis tanaman sayuran karena merupakan pupuk alami dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Jika Anda tidak bisa membuat pupuk kandang sendiri, saat ini sudah tersedia pupuk kandang dalam bentuk kemasan sehingga lebih praktis. Anda dapat membelinya di toko khusus pejual pupuk atau toko tanaman.

  • Pupuk Kompos

Jenis pupuk buah berikutnya masih dari jenis pupuk alami, yakni pupuk kompos. Pupuk yang berasal dari olahan fermentasi sampah rumah tangga seperti sayuran sisa, buah-buahan yang membusuk, dan lainnya yang bisa terurai dapat membuat tanaman anda menjadi lebih subur.

Sama halnya dengan pupuk kandang, pupuk kompos bisa meningkatkan unsur hara, meningkatkan daya tahan tanaman dan daya serap air sehingga tanaman menjadi lekas berbuah.

Baca Juga:  Yuk Buat Air Alkali Sendiri dirumah, Mudah dan Cepat

Selain itu, penggunaan pupuk kompos juga berguna untuk memperbaiki pori-pori tanah dan juga memperbaiki struktur tanah.

Jenis pupuk ini sangat cocok diaplikasikan pada jenis tanaman sayuran dan aneka jenis tanaman bunga dalam pot.

  • Pupuk NPK

Berikutnya adalah pupuk buatan yang cukup populer bagi Anda yang gemar bercocok tanam di halaman rumah atau gardening, yakni pupuk NPK.

Pupuk NPK ini dketahui banyak mengandung beberapa unsur seperti nitrogen, fosfor, dan juga kalium, menjadikan pupuk ini salah satu jenis pupuk buatan yang paling banyak digunakan.

Berkat kandungannya tersebut, pupuk NPK ini dapat membuat tanaman anda bisa cepat berkembang dan subur, tidak mudah rontok, dan tentunya akan lebih cepat berbuah.

  • Pupuk KCL

Jenis pupuk buah yang satu ini juga dikenal dengan sebutan pupuk pupuk kalium fosfat. Dimana pupuk buatan yang satu ini memiliki kandungan unsur hara kalium yang cukup tinggi.

Dalam penggunaanya pupuk KCL ini bisa ditaburkan langsung atau dilarutkan di dalam air sebelum diberikan ke tanaman.

Baca Juga:  Bulu Kucing Kesayangan Anda Tiba-Tiba Rontok? Ini Penyebabnya

Berkat kandungan kalium yang terdapat dalam pupuk KCL, berfungsi untuk menjadi stimulan guna mempercepat proses pertumbuhan tanaman dan juga mempercepat tanaman tersebut untuk cepat berbuah.

  • Pupuk ZA

Terakhir, jenis pupuk buah yang disarankan jika ingin tanaman lekas berbuah adalah pupuk yang bernama pupuk ZA. Ini adalah pupuk kimia buatan yang banyak mengandung amonium sulfat yang mempunyai sejumlah manfaat yang baik untuk tanaman.

Pemberian pupuk ini untuk aneka jenis tanaman buah dan sayuran bertujuan untuk memberikan hara nitrogen dan juga belerang bagi tanaman sehingga tanaman tersebut tumbuh dengan subur.

Pupuk ini bisa dipakai untuk menggantikan jenis pupuk urea yang biasanya digunakan untuk memasok kebutuhan nitrogen pada tanaman. Selai itu, pupuk ZA ini bisa menjadi pupuk dasar ketika mulai menanam tumbuhan ataupun pupuk susulan.

Demikian informasi mengenai beberapa jenis pupuk buah yang sebaiknya Anda gunakan jika ingin tanaman anda tumbuh subur dan lekas berbuah. Semoga bermanfaat.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *