Beberapa Kelebihan Atap Baja Ringan Yang Sebaiknya Anda Tahu

  • Whatsapp
Beberapa Kelebihan Atap Baja Ringan Yang Sebaiknya Anda Tahu

aramedia.ID – Untuk Anda yang saat ini tengah dalam proses membangun rumah, pasti mempertimbangkan untuk menggunakan atap baja ringan sebagai penutup rumah Anda dari teriknya panas matahari dan curahan hujan.

Pasalnya, jenis atap rumah dengan bahan yang satu ini kian populer digunakan untuk berbagai pembangunan rumah, terutama untuk jenis rumah minimalis dengan desain yang mungil.

Bacaan Lainnya

Namun sebelumnya perlu diketahui lebih dahulu apa itu atap baja ringan. Karena selama ini masih banyak masyarakat yang salah persepsi tentang atap baja ringan ini.

Apa Itu Atap Baja Ringan?

Atap baja ringan sendiri merupakan struktur atap yang menggunakan rangka tidak dari kayu, melaikan dari bahan baja ringan.

Jadi atap baja ringan ini bukan hanya atap atau penutup (seng) saja, melainkan semua komponen dalam pembuatan atap, mulai dari kuda-kuda, gording, reng dan lain-lain semuanya menggunakan bahan dari baja ringan.

Baca Juga:  Inspirasi Desain Dapur Minimalis Ukuran 2x3 M, Cocok Untuk Rumah KPR

Penggunaan rangka atap dan semua komponen dari bahan ini pada pemabanguan rumah karena bahan ini dinilai memiliki massa yang ringan namun kuat dan kokoh sebagai struktur bangunan, karena terbuat dari yang dibuat dari bahan CRC (cold rolled coil).

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini redaksi properti aramedia.ID akan memberikan informasi beberapa kelebihan dari penggunaan atap baja ringan ini dibanding dengan bahan yang lain. Silahkan disimak.

Kelebihan Atap Baja Ringan

Selain lebih kokoh dan kuat ada beberapa kelebihan lain dari struktur atap yang terbuat dari bahan baja ringan ini, diantaranya:

  • Memiliki Kekuatan Tegangan Tarik yang Tinggi

Meski dari segi fisik, komponen baja ringan yang digunakan untuk rangka atap ini terlihat cukup tipis dan ringan namun faktanya bahan yang satu ini cukup kuat.

Dari hasil uji kekuatan tegangan tarik (tensile strength), diketahui bahan baja ringan ini memiliki kekuatan tarik sekitar 550 Mpa, lebih besar dari tegangan tarik baja konvensional yang hanya 300 Mpa.

Mengapa ini bisa terjadi, hal ini dikarenakan sifat lentur yang dimiliki rangka atap baja ringan ini bisa menyerap energi dalam jumlah yang lebih besar.

  • Dijamin Anti karat dan Anti Rayap
Baca Juga:  Rumah Minimalis Modern Tahun 2020, Cocok Untuk Pasangan Millenial

Berbeda dengan rangka atap yang mengguakan bahan dari kayu, bahan rangka atap yang terbuat dari baja ringan memiliki daya tahan yang baik karena anti rayap.

Selain itu, karena merupakan bahan baja ini juga menjadikan jenis rangka atap ini juga anti karat sehingga lebih awet dan tahan lama.

  • Lebih Murah

Kelebihan lain mengapa Anda harus menggunakan bahan atap yang yang satu ini karena harganya yang cukup murah jika dibanding dengan bahan kayu, terutama jenis kayu mahal seperti jati, ulin, meranti atau kayu besi yang harganya cukup mahal dan sudah mulai jarang.

  • Proses Pemasangan Lebih Mudah dan Lebih Cepat

Berbeda dengan bahan yang terbuah dari kayu misalnya, proses pengerjaan dalam pembuatan rangka atap ini dijamin lebih cepat dan bahkan lebih mudah.

Untuk rangka atap jenis kayu karena ukurannya lebih besar maka proses pembuatan juga lebih sulit dan menguras tenaga.

Baca Juga:  Tidak Boleh Asal, Ini Tips Memilih Keramik Kamar Mandi yang Benar

Berbeda dengan atap baja ringan, karena bentuknya tipis dan ringan tentu akan lebih mudah dalam mengerjakannya. Namun perlu diingat, meski mudah Anda tetap harus mempercayakan pembuatannya kepada ahlinya.

  • Bisa digunakan Untuk Berbagai Macam Model Atap Rumah

Karena memiliki ukuran yang seragam dan ketebalan yang cukup tipis, ini memungkinkan bahan baja ringan bisa dibuat untuk jenis model atap apapun.

Model atap bertingkat, trapesium, miring satu sisi atau jenis model atap apapun bisa dibuat dengan bahan yang satu ini. Namun sekali lagi, pastikan anda menggunakan jasa ahlinya ketika ingin menggunakan atap baja ini untuk rumah Anda.

  • Beberapa Kelebihan Lainnya

Selain beberapa kelebihan dari segi krontruksi yang sudah kami jelaskan diatas,  penggunaan atap baja ringan ini juga memiliki kelebihan lain, misalnya:

  • Punya sifat yang lentur
  • Daya tahan jangka panjang
  • Ramah lingkungan

Demikianlah informasi mengenai penggunaan atap baja ringan pada pembangunan rumah, mulai dari pengertian apa itu baja ringan, hingga beberapa kelebihaanya. Semoga bermanfaat.atap baja ringan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *