Timun Termasuk Buah Atau Sayur? Ini Penjelasannya

  • Whatsapp
Timun Termasuk Buah Atau Sayur? Ini Penjelasannya

aramedia.ID – Nama jenis bahan makanan yang satu ini tentu sudah tidak asing di telinga pembaca sekalian. Namun demikian, masih banyak yang belum tahu timun termasuk buah atau sayur?

Kita tentu sudah sering mendapati jenis bahan makanan ini di beberapa jenis olahan makanan. Misalnya di buat lalapan, salad, rujak bahkan bisa juga dibuat minuman karena rasanya yang menyegarkan dan nikmat.

Bacaan Lainnya

Bahkan, timun juga seringkali digunakan sebagai salah satu bahan untuk digunakan dalam perawatan kecantika wajah, misal digunakan sebagai masker wajah.

Kembali ke pokok pembahasan kita, ditinjau dari keilmuan mentimun ini termasuk dalam jenis yang mana? buah atau sayur?

Baca Juga:  Gunakan Jenis Pupuk Buah Ini Agar Tanaman Lekas Berbuah

Agar tidak penasaran berikut ini akan redaksi jelaskan secara detail menganai jenis tanaman yang satu ini.

Timun, Buah Atau Sayur?

Ditinjau sudut pandang ilmu pengetahuan pengertian buah sendiri diartikan sebagai bagian dari tanaman yang berkembang dari bunga dan juga mengandung biji tanaman.

Oleh karena mentimun merupakan salah satu jenis tanaman yang  berkembang dari bunga dan mengandung biji, maka mentimun bisa dikatakan sebagai salah satu jenis buah.

Ini berlaku bukan hanya untuk mentimun saja, jenis lain tanaman lain seperti kacang, paprika, labu dan tomat ternyata juga dapat dikategorikan sebagai jenis buah.

Kendati demikian, berbeda dalam pandangan para ahli di bidang kuliner. Kategori buah-buahan dan sayuran dapat dibedakan berdasarkan rasa dan tekstur dari jenis tanamann itu sendiri.

Misalnya, karena mentimun biasa digunakan menjadi hidangan yang gurih dan rendah kadar gula, maka mentimun dianggap sebagai sayuran oleh para ahli kuliner dan juru masak.

Baca Juga:  Arti Mimpi Orang Meninggal Berdasarkan Primbon Jawa

Dari segi rasa, terdapat perbedaan antara buah dan sayur. Para ahli kuliner percaya bahwa cara membedakan buah dan sayuran adalah dari rasa, tekstur, dan penggunaannya dalam hidangan tertentu.

Oleh karena itu, untuk menggolongkan timun apakah jenis buah atau syur harus dilihat dari penggunaan mentimun itu sendiri.

Misal jika dibuat lalapan, tumis timun, dan lain-lain maka ia masuk dalam golongan sayuran. Jika dibuat rujak, salad buah dan jus maka ia masuk kedalam golongan buah.

Meski demikian, terlepas dari pertanyaan apakah mentimun jenis buah atau sayuran, mengkosumsi mentimun ternyata sangat baik untuk kesehatan.

Entah dimasak untuk sayur, atau dibuat salad buah atau bahkan di makan langsung mentimun jadi salah satu jenis makanan yang kaya nutrisi dan rendah kalori, serta mengandung banyak air yang dapat meningkatkan hidrasi, dan efektif dalam penurunan berat badan atau diet.

Selain digunakan untuk jenis makanan, mentimun juga sangat baik digunakan untuk perawatan kecantikan, karena mentimun salah satu bahan gerbal alami yang  baik untuk kecantikan.

Baca Juga:  Menangis Saat Puasa Apakah Batal ? Ini Jawaban Ustad Maulana

Timun dapat digunakan untuk menghilangkan lingkaran hitam dan mata bengkak atau bisa digunakan sebagai masker wajah, toner atau sabun.

Jadi, mulai sekarang tidak usah dipikirkan lagi apakah timun itu buah atau sayur ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *