Begini Cara Menyimpan Bawang Merah Agar Awet

Begini Cara Menyimpan Bawang Merah Agar Awet

aramedia.ID – Masih banyak orang yang menganggap sepele tentang bagaimana cara menyimpan bawang merah yang baik. Padahal jika tidak disimpan dengan baik, bawang merah akan mudah sekali membusuk.

Bawang merah merupakan salah satu jenis bumbu yang harus ada dalam setiap menu dan jenis masakan. Rasa dan aromanya yang khas akan semakin menambah rasa nikmat pada sebuah makanan.

Pada umumnya, para ibu-ibu rumah tangga akan membeli bawang merah dalam jumlah yang cukup banyak untuk persediaan selama beberapa waktu, untuk seminggu misalnya.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  7 Jenis Makanan Tidak Bikin Gendut Walaupun di Konsumsi Malam Hari

Nah, agar bisa tahan lama, bumbu masakan tersebut haruslah disimpan dengan cara yang benar. Lalu, bagaimana cara menyimpannya yang sesuai agar bawang merah tersebut tidak lekas membusuk?

Berikut ini adalah tips, bagaimana cara mengemas dan menyimpan bahan bawang merah ini agar awet dan bisa tahan lama yang bisa Anda coba praktekan.

  • Simpan Bawang Secara Utuh

Hal pertama yang harus bunda ketahui, untuk cara menyimpan jenis bumbu masakan yang satu ini adalah dengan memastikan untuk menyimpan bawang merah tersebut dalam kondisi utuh, bukan yang sudah terpotong-potong.

Karena itu, pastikan ketika meracik bumbu untuk masakan gunakan takaran yang pas untuk bawang merah agar tidak tersisa potongannya.

Baca Juga :  Ingin Tidur Lebih Nyenyak, Coba Konsumsi Makanan & Minuman Ini

Selain itu, lebih baik jika kita meletakkan bawang merah di tempat yang terbuka.

Hal ini berguna agar supaya bawang tidak cepat membusuk. Siapkan wadah berjaring, entah itu yang terbuat dari plastik ataupun wadah dari anyaman bambu untuk menyimpan bumbu masakan ini.

  • Jemur Bawang Sesekali

Jika sempat, jemurlah bawang yang anda simpan di bawah sinar matahari langsung. Tak perlu lama-lama, cukup 10 sampai 15 menit saja.

Hal ini berguna untuk mengurangi kadar kelembaban yang ada pada bagian permukaan dalam bawang merah yang tertutup.

  • Jangan Campur Bawang Merah dan Putih

Saat menyimpan bawang merah, pastikan untuk tidak mencampur kedua jenis bawang tersebut.  Karena, masing-masing dari jenis bawang ini akan mengeluarkan jenis gas yang berbeda pula

Baca Juga :  Jualan Bulan Puasa, Ini Dagangan yang Laris di Buru Pembeli

Gas uang keluar tersebut bisa mempengaruhi terjadinya proses pembusukan secara yang terjadi lebih cepat. Karenanya, pastikan untuk menyimpan kedua jenis bawang ini dalam wadah yang terpisah.

  • Simpan Bawang Kupas di Kulkas

Terakhir, jika anda membeli bawang merah yang sudah dikupas anda bisa menyimpannya di dalam lemari pendingin atau kulkas.

Namun, pastikan anda menggunakan wadah yang tertutup rapat saat menyimpan bawang merah kupas di dalam kupas.

Baca Juga :  Resep Jambu Mete, Olahan Sederhana yang Bikin Ngiler

Hal ini penting dilakukan, agar aroma bawang merah tersebut tidak mengkontaminasi makanan atau minuman lain yang ada dalam kulkas.

Demikian tips bagaimana cara menyimpan bawang merah agar tetap awet, sehingga bisa tahan lama, cukup mudah bukan.

Selamat mencoba.

Pos terkait