Honda Vario Mati Mendadak, Ini yang Jadi Penyebabnya

Honda Vario Mati Mendadak, Ini yang Jadi Penyebabnya

aramedia.ID – Sejumlah pemilik kendaraan Honda Vario, mengeluhkan jika mereka mengalami masalah terkait tunggangan mereka yang tiba-tiba mati secara mendadak saat digunakan.

Hal ini kemudian banyak menimbulkan kebingungan pada banyak pemiliki motor matic besutan Honda itu, kira-kira apa yang jadi penyebab timbulnya masalah yang cukup menggangu perjalanan ini.

Untuk mengetahui apa yang jadi penyebab Honda Vario mati secara mendadak tersebut, pada artikel kali ini tim redaksi aramedia.ID akan memberikan informasi terkait apa saja yang jadi biang kerok munculnya masalah ini.

Bacaan Lainnya

Artikel ini redaksi tulis berdasarkan pernyataan dari mekanik resmi dari PT Astra Honda Motor (AHM), yang akan membeberkan secara detail apa saja penyebab masalah ini dan bagaimana solusi untuk mengetasinya.

Baca Juga :  Biaya Servis Injeksi Honda Beat di Bengkel Resmi

Penyebab Honda Vario Mati Mendadak

Perbedaan Honda Vario 125 CBS dan ISS

Menurut penjelasan dari Technical Service Training Instructor, PT Astra Honda Motor (AHM), penyebab munculnya masalah ini sebenarnya adalah dari kelalaian pemilik kendaraan tersebut dalam melakukan servis kendaraan mereka.

Dalam penjelasannya, mekanik AHM menyebut jika masalah ati mendadak yang terjadi pada Honda Vario tersebut terjadi mesin karena kehilangan kompresi.

Ada dua penyebab mengapa mesin motor skubek tersebut samapia kehilanagan kompresi, pertama karena kesalahan saat melakukan penyetelan jarak kerenggangan klep dan yang kedua dikarenakan tumpukan karbon di ruang bakar.

Untuk lebih jelasnya akan dibahas perbagian dari penyebabnya:

1. Kesalahan Dalam Penyetalan Klep

Perlu Anda ketahui, bahwa kompresi pada Honda Vario tergolong tinggi, mencapai 10,7:1. Kompresi yang cukup tinggi ini akan menghasilkan suhu yang cukup tinggi pula di ruang bakar. Imbasnya, klep dan pelatuk (rocker arm) akan memuai.

Baca Juga :  Honda Beat Nyendat Saat Jalan, Ternyata Ini Penyebabnya

Pada saat terjadi pemuaian tersebut, pelatuk akan terus mendorong klep sehingga hala tersebut akan mengakibatkan kompresi menjadi bocor.

Hal paling nyata imbas dari masalah ini adalah ketika mesin dalam kondisi panas di selah akan terasa ngelos, hal karena tidak ada kompresi.

Akan tetapi, pada saat mesin sudah menjadi dingin, jarak kerenggangan klep akan kembali normal dan bisa dihidupkan lagi.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya disarankan untuk membawa motor Honda Vario Anda ke pusat servis untuk dilakukan penyetelan kembali kerenggangan klep.

Dimana menurut aturan dari pihak Honda sendiri kerenggangan klep dipatok berjarak 0,16 mm untuk klep masuk dan 0,25 mm untuk klep buang.

Baca Juga :  Mengenal Kode Kerusakan MIL Motor Injeksi Honda

2. Banyaknya Tumpukan Karbon di Ruang Bakar

Untuk penyebab yang kedua, yakni dikarenakan banyaknya tumpukan karbon sisa pembakaran yang ada diruang bakar.

Karbon (kerak diruang bakar) yang tidak dibersihkan sering mengganjal klep sehingga klep terus terbuka dan menyebabkab mesin akan kehilangan kompresi.

Oleh karena itu, jika muncul masalah Honda Vario mati mendadak seperti maka, maka sangat dianjurkan untuk melakukan servis besar guna membersihkan ruang bakar, penyetelan klep dan mungkin servis komponen lain yang sudah seharusnya dilakukan.

Terakhir, Technical Service Training Instructor, PT Astra Honda Motor (AHM) menghimbau untuk pemilik Honda Vario melakukanb servis secara berkala setidaknya 2 atau 3 bulan sekali untuk memastikan masalah seperti ini tidak terulang kembali.

Pos terkait