Mengatasi Jerawat di Dagu yang disarankan Oleh Dokter

  • Whatsapp
Mengatasi Jerawat di Dagu yang disarankan Oleh Dokter

aramedia.ID – Munculnya jerawat di wajah bisa pada bagian mana saja yang tak terduga, mulai dari pipi, dahi, bagian pelipis wajah bahkan dagu.

Khusus untuk jerawat yang muncul pada dagu, untuk perawatannya sedikit berbeda dengan jerawat kebanyakan.

Bacaan Lainnya

Karena, untuk jerawat yang muncul pada area ini, umumnya dialami oleh para wanita yang disebabkan terkait dengan perubahan hormon.

Selain cukup mengganggu penampilan wajah dan menyebabkan rasa tidak nyaman, jerawat pada dagu biasanya juga akan muncul secara berulang.

Oleh karena itu, diperlukan penanganan khusus untuk mengatasi jerawat di dagu tersebut.

Baca Juga :  Waduh, Xiaomi Jadi Smartphone Dengan Tingkat Radiasi Paling Tinggi

Penyebab Munculnya Jerawat di Dagu

Sebelum kita beranjak pada cara bagaimana mengatasi jerawat di dagu ini, sebaiknya kita kenali kenali lebih dahulu apa yang jadi penyebabnya.

Seperti yang redakli lansir dari laman Medical News Today, ada beberapa penyebab utama mengapa jerawat bisa tubuh di dagu.

Jerawat pada dagu umumnya disebabkan oleh hasil dari fluktuasi hormon, dimana kondisi ini umumnya dialami oleh wanita dan remaja, karena keduanya cenderung mengalami fluktuasi hormon yang lebih ekstrem dibanding pria.

Hormon yang dimaksud adalah horman Androgen dimana hormon ini berfungsi untuk merangsang produksi sebum.

Sebum sendiri adalah minyak yang menyumbat pori-pori dan membuat munculnya jerawat. Karena produksi hormon Androgen meningkat, maka sebum juga meningkat sehingga jerawat bisa muncul dengan tak terduga.

Baca Juga :  Manfaat Mengkonsumsi Ikan Tongkol Untuk Kesehatan

Mengatasi Jerawat di Dagu

Setelah paham apa yang jadi penyebabnya, kini saatnya kita beralih pembahasan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Para dokter ataupun ahli kecantikan menyarankan, untuk mengatasi jerawat di dagu bisa menggunaka produk perawatan wajah yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida.

Produk perawatan yang mengandung kedua zat tersebut terbukti cukup ampuh dalam membantu jerawat mengering dalam beberapa hari, meskipun kadang juga bisa membutuhkan waktu hingga beberapa minggu.

Berikut adalah tata cara yang benar dan sesuai anjuran dokter ketika mengobati jerawat di dagu:

  • Selalu rutin utnyuk memersihkan area dagu dengan sabun perawatan wajah yang banyak mengandung asam salisilat;
  • Kemudian oleskan atau melakukan kompres es ke area yang berjerawat tersebut selama kurang lebih sekitar 5 menit, untuk membantu mengurangi kemerahan;
  • Selanjutnya, oleskan krim atau salep dengan benzoil peroksida;
  • Terakhir dan yang paling penting untuk diingat adalah, hindari menyentuh jerawat secara langsung apalagi dengan kondisi tangan kotor atau bahkan mencoba memecahkan jerawat tersebut.
Baca Juga :  Berbagai Manfaat Timun Untuk Kesehatan Kulit Wajah

Demikian informasi singkat namun sangat penting untuk diketahui bagaimana cara mengatasi jerawat di dagu yang benar dan sesuai dengan saran dokter serta ahli kecantikan.

Pastikan untuk melakukan perawatan yang sesuai dan dengan obat yang tepat agar masalah jerawat tersebut bisa hilang tanpa bekas.

Jika setelah melakukan perawatan dengan cara diatas, namun kondisi tak kunjung membaik segera konsultasikan dengan dokter atau ahli kecantikan untuk memperoleh perawatan yang tepat.

Pos terkait