Lima Tips Jualan Pakaian Secara Online Untuk Pemula

  • Whatsapp
Lima Tips Jualan Pakaian Secara Online Untuk Pemula

aramedia.ID – Seiring dengan berkembangnya teknologi, kegiatan jual beli saat ini sudah mulai bergeser dari pembelian secara langsung menjadi pembelian secara tidak langsung melalui melalui media sosial atau toko online.

Untuk Anda yang aktif dimedia sosial, tentu tidak asing dengan pengguna medsos yang kerap menawarkan dagangan mereka, baik di timeline pribadi maupun di share di grup jual beli atau marketpalace.

Bacaan Lainnya

Selain jualan makanan, salah satu yang paling banyak di jual adalah secara online adalah kebutuhan sandang atau pakaian.

Bisa dipastikan, di beberapa grup media sosial yang Anda ikuti ada saja pengguna yang menawarkan jualan pakaian mereka setiap harinya.

Nah, jika Anda tertarik untuk mencoba berjualan di media sosial terutama jualan pakaian online ada beberapa kiat khusus agar jualan Anda bisa ramai di order oleh pembeli.

Tips Jualan Pakaian Secara Online Untuk Pemula

Sebelum Anda terjun ke bisnis ini ada beberapa tips atau kiat khusus yang sebaiknya Anda pelajari dahulu agar nantinya bisnis yang di rintis tersebut bisa berjalan lancar sesuai dengan rencana.

  • Riset Pasar
Baca Juga :  Jualan Bulan Puasa, Ini Dagangan yang Laris di Buru Pembeli

Apa itu riset pasar? pergi melakukan riset ke pasar maksudnya?. Bukan, bukan seperti itu maksudnya. Riset pasar yang dimaksud disini adalah mencari tahu lebih dahulu jenis pakaian apa yang paling banyak di cari konsumen saat ini.

Apakah pakaian olah raga, baju muslim, pakaian anak-anak atau jenis pakaian lainnya. Bagaimana melakukan riset pasar ini? cara melakukan riset pasar bisa dibilang gampang-gampang susah.

Pertama, kita harus lihat kapan waktunya. Misal jika mendekati bulan puasa maka akan lebih banyak orang mencari pakaian muslim baik untuk anak-anak atau dewasa.

Maka tak heran jika menjelang lebaran atau buka puasa banyak orang yang jualan bulan puasa dengan menjual berbagai jenis pakaian.

Kedua, pelajari dan cari informasi terbaru mengenai jenis pakaian apa yang saat ini sedang trending. Biasanya ada beberapa jenis atau model pakaian yang jadi trendsetter karena dipakai oleh artis terkenal yang jadi incaran konsumen.

Ketiga, kita buat kumpulan daftar kecil kira-kira siapa target konsumen kita, ibu-ibu, remaja atau anak-anak.

Baca Juga :  Bisnis Tanaman Hias, Peluang Usaha Yang Menjanjikan di 2021

Dengan cara ini maka Anda bisa fokus pada salah satu jenis jualan lebih dahulu sebelum nanti Anda mengembangkan untuk jenis pakaian lainnya

  • Tentukan Sistem Penjualan Anda

Maksudnya, untuk kiat yang kedua ini adalah Anda harus menentukan lebih dahulu sistem apa yang akan Anda pakai untuk berjualan.

Apakah dengan sistem dropship atau reseller, atau Anda modal sendiri dengan mendatangkan jenis pakaian yang akan di jual.

Kedua sistem jualan ini memiliki kelebihan dan dan kekurangan masing-masing. Silahkan pelajari lebih lanjut untuk mengetahui perbedaan kedua jenis sistem penjualan ini.

Ini penting untuk ditentukan diawal jualan, agar tata kelola bisnis Anda bisa runtut dan sesuai sehingga tidak terkesan asal-asalan saja dalam berjualan.

  • Pelajari Kalkulasi Harga

Selanjutnya Anda juga harus belajar bagaimana mengkalkulasi harga barang yang Anda jual. Ini terkait dengan untung rugi bisnis Anda kedepannya.

Jika Anda mendatangkan produk dengan harga sekian maka harus dijual dengan harga sekian, tambahkan pula dengan ongkos kirim dan lain sebagainya.

Ini mutlak harus Anda kuasai lebih dahulu. Hal ini untuk meminimalisir kerugian karena Anda tak pandai mengkalulasi harga produk yang Anda jual.

  • Share/Promosi Jualan Ke Media Sosial
Baca Juga :  Berapa Modal Untuk Membuka Cafe Mini? Berikut Perinciannya

Setelah 3 kiat utama sebelumnya sudah Anda pahami dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah melakukan promosi ke secara online dimedia sosial yang Anda miliki.

INGAT, dalam melakukan promosi ke media sosial tidak bisa asal-asalan. Ada juga kiat khusus bagaimana berjualan secara online dimedia sosial bisa ramai pembeli.

Perhatikan timing atau waktu promosi, bahasa promosi yang digunakan, foto atau gambar produk dan respon singkat penjual ketika ada yang bertanya tentang produk yang Anda jual.

  • Bersabar dan Terus Belajar

Tak ada yang instant dalam dunia bisnis dan usaha, termasuk usaha jualan pakaian secara online ini. Oleh karena itu, tetap bersabar, berusaha dan berdoa agar bisa memperolah hasil yang maksimal dari usaha yang baru saja Anda rintis.

Teruslah belajar bagaimana cara mengembangkan bisnis tersebut karena setiap waktu pasti akan terjadi perubahan dan munculnya saingan-saingan.

Tetap gunakan cara-cara yang baik, telaten ulet dan jujur dalam melayani setiap pesanan dari pembeli.

Pos terkait