Bisakah Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang ?

  • Whatsapp
Bisakah Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang ?

aramedia.ID – Ada sebuah pertanyaan yang sering kali diungkapkan oleh banyak orang terkait keinginan untuk berbisnis atau jualan online yaitu, bisakah kita usaha atau jualan online tanpa modal dan stok barang?

Meski terdengar agak sedikit konyol, namun pertanyaan seperti ini cukup menggelitik hati penulis untuk membahasanya dalam artikel kali ini.

Bacaan Lainnya

Seperti kita ketahui bersama, yang namanya usaha atau jualan ya tetap harus butuh modal kan? tapi kok ada sih pertanyaan seperti ini yang terlontar dari mereka yang ingin mencoba untuk memulai sebuah usaha?

Weitsss, jangan langsung patah semangat gitu. Karena ternyata ada sebuah cara yang bisa ditempuh untuk memulai sebuah bisnis online tanpa modal, yang Anda butuhkan cuma, niat, semangat, kesabaran, keuletan dan kemauan untuk belajar

Bisnis atau usaha apa yang dimaksud? silahkan dibaca artikel ini secara seksama hingga usai untuk mengetahuinya.

Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

Sesuai dengan tema artikel yang akan penulis bahas, sebenarnya pertanyaan seperti yang sudah penulis singgung di atas bukanlah sesuatu yang baru.

Berbisnis atau berjualan online tanpa harus menyiapkan modal dan stok barang sudah lama di geluti oleh banyak orang di era teknologi yang kian modern ini.

Model usaha atau jualan online seperti ini dikenal dalah dunia bisnis dengan istilah Dropship.

Dengan model bisnis dropship ini, Anda tak butuh modal besar untuk memulai jualan secara online, yang Anda butuhkan hanyalah mengetahui bagaimana sistem jualan dengan cara seperti ini agar sukses.

Apa Itu Dropship?

Untuk Anda yang belum begitu paham, dropship sendiri adalah sebuah metode jual beli online di mana penjual tidak melakukan stok barang ataupun proses pengiriman.

Baca Juga :  Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari, Coba 5 Menu Ini

Dimana dalam sistem jualan dengan cara ini, penjual akan bergantung pada seorang supplier sebagai pemasok barang.

Tugas penjual, hanya memajang foto-foto barang dagangan milik supplier serta mempromosikan barang tersebut secara onlinr baik mellaui website atau toko online ataupun melaui sarana media sosial sebagai tempat untuk menjajakan produk dan barang dagangannya.

Jualan dengan sistem ini seperti ini adalah menjadi jawaban terhadap pertanyaan diatas, bisakah kita usaha atau jualan online tanpa modal dan stok barang?

Sampai disini apakah Anda sudah paham? ternyata ada sebuah usaha online yang bisa dijalankan bahkan hanya bermodalkan sebuah smartphone atau Hp saja.

Untuk lebih meyakinkan Anda, penulis akan memberikan penjelasan beberapa alasan mengapa sistem jualan seperti ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin terjun ke bisnin online.

Beberapa alasan mengapa Anda harus mencoba bisnis online dengan sistem droship ini antara lain:

  1. Alasan pertama mengapa sistem dropship ini bisa jadi pilihan tentu karena bisnis ini bisa dilakukan secara online tanpa modal dan stok barang
  2. Kedua, mudah dalam menjalankan meskipun Anda pemula
  3. Anda tak perlu repot untuk melakukan stok produk dan pengiriman barang apapun
  4. Anda bisa menjual aneka maca produk yang Anda mau dan sebanyak yang Anda mau
  5. Anda bebas memberikan harga untuk meraup keuntungan yang anda inginkan
  6. Keuntungan yang bisa langsung terlihat dari selisih penjualan
  7. Sarana atau media untuk melakukan promosi yang tidak terbatas
  8. Jualan atau bisnis dengan sistem dropship ini akan selalu ada dan tidak akan pernah mati
  9. Anda bisa mengontrol penjualan dengan mudah, hanya bermodal smartphone saja
  10. Jarang mengalami kerugian, karena Anda tidakkeluar modal untuk menjalankan bisnis ini

Bagaimana sekarang? sudah mulai tertarik untuk ikut mencoba jualan online dengan sistem dropship ini? Sabar dulu, jangan terlalu terburu-buru untuk memutuskan.

Baca Juga :  Lima Ide Bisnis Modal Kecil Paling Populer Tahun Ini

Setelah Anda mengetahui alasan mengapa sistem ini cukup layak untuk dijadikan pilihan, selanjutnya Anda juga harus pelajari lebih dahulu bagaimana cara agar sukses dalam menjalankan bisnis dropship ini.

Tips Jualan Online dengan Sistem Dropship

Setelah dari awal penulis jelaskan secara detail mengenai jualan online tanpa modal dan stok barang dengan sistem droship ini, berikut adalah beberapa tips yang harus Anda perhatikan ketika  ingin terjun ke usaha jualan online ini.

  • Anda Tentukan Lebih Dulu Jenis Barang Apa Yang Mau Dijual

Ketika ingin serius terjun ke bisnis dropshi ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan lebih dahulu jenis barang atau produk apa yang akan dijual.

Untuk bahan pembelajaran, sebaiknya pilih satu jenis produk lebih dahulu.Hal ini dilakukan agar Anda bisa lebih dahulu paham bagaimana sistem ini bekerja.

Untuk memastikan, sebaikny lakukan riset pasar lebih dahulu, jenis barang atau produk apa yang saat ini sedang tren.

Untuk pemula sebaiknya menghindari untuk menjual produk yang beraneka ragam atau campur-campur.

Lebih baik fokus pada satu jenis penjualan dengan produk yang sama, agar lebih mudah mengontrol, minim resiko dan tentu akan terlihat lebih profesional.

  • Tentukan Target Konsumen Anda

Masih berkaitan dengan tips yang pertama, sebelum memutuskan akan menjual produk apa sebaiknya Anda juga menentukan lebih dahulu siapa target konsumen Anda.

Apakah produk untuk, bayi, anak-anak, remaja, dewasa. Dengan begitu Anda akan denganmudah menentukan produk atau barang apa yang akan dijual.

Misalnya, jika Anda ingin fokus ke anak-anak maka Anda bisa memilih untuk menjual produk pakaian, mainan, peratan sekolah dan lain sebagainya.

  • Perhatikan Kompetitor (persaingan)

Berikutnya dalah dengan menganalisa tingkat persaingan. Misalnya, jika sudah banyak yang menjual produk pakaian maka sebaiknya pilih produk lain yang belum begitu banyak yang menjual.

Baca Juga :  Menjadi Penulis Lepas, Ide Bisnis Dari Rumah Modal Kecil

Ini dilakukan sembari melihat peluang lain dan melihat sebesar besar kemungkinan dan peluang Anda untuk bersaing dengan kompetitor.

Namun, Anda juga jangan menyerah atau takut dengan persaingan, pokoknya dicoba dulu.

  • Cari Supplier yang Terpercaya

Setelah semuanya tiga tahapan diatas telah Anda ditentukan, maka tahap berikutnya adalah mencari supplier yang terpercaya untuk diajak bekerja sama.

Pastikan tidak asal dalam memilih supplier, karena akan berdampak pada reputasi Anda kedepannya. Hal ini dilakukan agar nantinya pelanggan tidak merasa kecewa dengan pelayanan dan kualitas produk yang ditawarkan.

  • Siapkan Nomor Rekening

Tahap berikutnya adalah mempersiapkan kebutuhan untuk pembayaran, yakni rekening bank. Jika memungkian Anda bisa membuat nomor rekening disemua bank yang ada.

Ini untuk memudahkan konsumen nantinya dalam urusan pembayaran. Bila perlu, bisa juga menggunakan pemnayaran dompet digital yang kini sedang marak digunakan, seperti OVO, DANA dan sebagainya.

  • Promosikan produk

Setelah semua suda siap, maka tahap selanjutnya adalah mempromosikan produk yang akan dijual. Promosi inii bisa dilakukan lewat sosial media, website pribadi atau bisa juga promosi dari mulut ke mulut.

Pastikan untuk memberikan detail informasi produk yang jelas, misalnya ukuran, warna, dan juga model dari produk yang dijual.

Layani setiap pertanyaan konsumen yang tertarik dengan produk yang Anda jual. Karena ini adalah tahap awal, membangun kepercayaan konsumen dengan pelayanan yang terbaik adalah hal mutlak yang harus dilakukan.

Sampai sini apakah Anda sudah cukup lelah membaca tulisan ini? jika Iya, maka penulis akan hentikan dahulu pembahasan mengenai bisakah kita usaha atau jualan online tanpa modal dan stok barang pada artikel kali ini.

Untuk informasi pendukung lain, terkait pembahasan ini akan penulis bahas di artikel-artikel berikutnya. Jadi, jangan lupa untuk tetap mengikuti sosial media aramedia.ID untuk memperoleh informasi terbaru tentang dunia usaha dan bisnis.

Pos terkait