Arti Mimpi Bertemu Ibu Kandung yang Sudah Meninggal

  • Whatsapp
Arti Mimpi Bertemu Ibu Kandung yang Sudah Meninggal

aramedia.ID – Ditinggal sosok Ibu untuk selama-lamanya karena menghadap Sang Pencipta adalah sebuah kesedihan yang tiada tara. Karenanya tak jarang diantara kita ada yang sampai melihat Ibu dalam mimpi kita karena begitu rindunya. Lalu, apa arti mimpi bertemu ibu kandung yang sudah meninggal tersebut?

Dalam banyak literasi disebutkan jika mimpi hanyalah sebagai bunga tidur. Akan tetapi tidak demikian bagi sebagian orang.

Bacaan Lainnya

Karena di beberapa sumber lain juga disebutkan mimpi yang dialami oleh seseorang juga memiliki makna atau arti yang bisa jadi pertanda akan sesuatu hal, termasuk diantaranya adalah arti mimpi orang meninggal tersebut.

Terkait dengan arti mimpi bertemu ibu kandung yang sudah meninggal, ada beberapa sumber yang menjelaskan mengenai arti mimpi yang satu ini.

Ada yang menjelaskan berdasarkan penjelasan di kitab primbon Jawa, ada juga penjelasan yang menukil dari penjelasan yang terdapat dalam hadis menurut pandangan agama Islam.

Baca Juga :  Apa Arti Mimpi Menikah Berdasarkan Kitab Tafsir Mimpi ? Ini Penjelasannya

Arti Mimpi Bertemu Ibu Kandung yang Sudah Meninggal

Dalam kesempatan kali ini redaksi akan menjelaskan secara detail arti mimpi tersebut, berdasarkan dari dua sumber yang berbeda yakni, Primbon dan yang ada di Hadist.

Menurut Penjelasan Pada Buku Primbon

Dalam penjelasan yang redaksi kutip berdasarkan yang tertera di kitab Primbon dijelaskan bahwa ketika kita bermimpi bertemu dengan Ibu kandung kita bisa bermakna beberapa hal. Antara lain:

  • Kedatangan Ibu dalam mimpi kita berarti beliau datang untuk memberikan bantuan kepada kita untuk mengatasi masalah-masalah yang kini mungkin sedang Anda hadapi.
  • Mimpi ini juga bisa bermakna, jika Ibu ingin menyampaikan pesan kepada anak-anaknya terkait suatu permasalahan di semasa hidupnya yang belum terselesaikan.
  • Arti mimpi bertemu ibu kandung yang sudah meninggal dalam kitab Primbon juga dijelaskan bahwa beliau sangat mengharapkan kiriman doa dari anak-anaknya yang mungkin sudah mulai melupakan beliau.
  • Selain itu, mimpi bertemu dengan Ibu dijelaskan juga memiliki makna jika orang tersebut akan memiliki umur yang panjang.
Baca Juga :  Muslimah Harus Tahu, Ini Arti Mimpi Hamil Menurut Islam
Menurut Penjelasan Hadist

Selain penjelasan diatas yang sudah redaksi rangkum dari kitab Primbon, ada makna lain yang terkandung pada mimpi bertemu dengan Ibunda sesuai dengan penjelasan pada hadist.

Seperti yang dijelaskan dalam HR. Bukhari dan Muslim, Rasullah pernah bersabda:

“Mimpi itu ada tiga. Mimpi yang baik merupakan kabar gembira dari Allah; mimpi yang menyedihkan berasal dari setan; dan mimpi yang datang dari obsesi seseorang. Jika salah seorang di antara kalian bermimpi yang menyedihkan, maka hendaklah dia bangun lalu shalat dan tidak menceritakannya pada orang lain.”

“Mimpi yang baik adalah dari Allah. Sedangkan mimpi yang menakutkan berasal dari setan. Barang siapa bermimpi yang tidak menyenangkan, hendaklah dia meludah ke sebelah kirinya tiga kali dan berlindung diri kepada Allah dari setan, maka mimpi tersebut tidak akan membahayakannya.”

Dari apa yang terdapat pada hadist tersebut, bisa disimpulkan mengenai beberapa hal sebagai berikut:

  1. Pertama, jika Anda mengalami mimpi bertemu dengan Ibu/Ayah yang sudah meninggal dan mimpi tersebut menakutkan, sebaiknya kita berlindung diri kepada Allah karena dikhawatirkan itu adalah mimpi yang dibuat setan yang menyerupai almarhum/almarhumah.
  2. Kedua, jika dalam mimpi tersebut Anda bertemu dengan almarhum/alarhumah dalam situasi yang menyenangkan, misalnya mimpi dipeluk Ibu, mimpi Ibu sedang tersenyum dan berbicara dengan Anda, mimpi mencium Ibu, maka bersyukurlah karena mudah-mudahan mimpi tersebut datangnya dari Allah SWT.
Baca Juga :  Benarkah Mimpi Gigi Copot Bermakna Akan Ada Keluarga yang Meningal, Ini Penjelasannya

Dari kedua penjelasan tentang arti mimpi bertemu ibu kandung yang sudah meninggal berdasarkan dengan kitab Primbon dan Hadist, Anda bisa mengambil kesimpulan sendiri mana yang menurut Anda lebih masuk akal.

Apakah arti mimpi yang menurut primbon atau yang menurut hadist?

Kendati demikian, semua hal yang terjadi pada kita semua kita kembalikan lagi kepada Allah SWT. Wallahu a’lam.

Pos terkait