Berapa Modal Untuk Membuka Cafe Mini? Berikut Perinciannya

  • Whatsapp
Berapa Modal Untuk Membuka Cafe Mini? Berikut Perinciannya

aramedia.ID – Salah satu usaha yang cukup menjanjikan untuk dilakukan oleh gerenasi millenial adalah dengan membuka usaha cafe mini. Namun demikian, masih banyak yang bertanya-tanya kira-kira berapa modal untuk membuka cafe mini tersebut?

Seperti kita tahu, bisnis cafe mini kini kian menjamur. Tempat ini, sangat ramai dikunjungi oleh anak-anak muda yang kongkow atau nongkrong bareng dengan teman-teman mereka.

Bacaan Lainnya

Nah, jika Anda saat ini tertarik untuk mencoba bisnis usaha cafe ini berikut akan tim redaksi aramedia.ID jelaskan berapa kira-kira modal yang harus disiapkan untuk membuka usaha ini.

Selain itu, redaksi juga akan memberikan gambaran tentang modal tersebut digunakan untuk biaya apa saja saat pertama kali membuka usaha cafe mini tersebut.

Modal Untuk Membuka Cafe Mini

Sebelumnya perlu diingat, ini konsepnya adalah cafe mini. Jadi, secara umum usaha bisnis cafe yang akan dibangun ini tidak semewah dan sebesar cafe-cafe ternama.

Baca Juga :  Mau Bisnis Ternak Burung, Ini Jenis burung yang Cocok

Namun, yang terpenting yang harus diperhatikan saat membuka usaha cafe ini adalah konsep cafenya akan seperti apa, fasilistas penunjangnya harus ada misalnya Wi-Fi dan jangan lupa untuk menyiapkan menu makanan andalan sebagai ciri khas cafe yang tentu rasanya harus enak dan harganya pun terjangkau di kantong anak muda.

Berikut ini adalah estimasi atau perkiraan awal, modal yang dibutuhkan ketika membuka usaha cafe serta sektor apa saja peruntukan modal tersebut.

Sewa Tempat (1 tahun) Rp 8.000.000
Peralatan masak (kompor, gas, pan, dll) Rp 2.500.000
Peralatan makan dan minum Rp 1.500.000
Perlengkapan ruangan (meja, kursi, dan aksesoris ruangan) Rp 1.000.000
Bahan baku awal Rp 3.000.000
Biaya operasional dan lain-lain Rp 4.000.000
Estimasi Modal Total Rp 20.000.000

Untuk estimasi modal diatas, sudah tim redaksi riset berdasar harga termurah. Bisa jadi nanti pada pelaksanaanya harga tersebut bisa saja berubah, terutama untuk harga sewa tempat.

Baca Juga :  Jualan Bulan Puasa, Ini Dagangan yang Laris di Buru Pembeli

Cafe mini ini saat pertama dibuka, setidaknya harus dijalankan oleh minimal 3 orang tenaga kerja, sehingga usaha cafe mini ini sangat cocok di jalankan bersama atau patungan.

Untuk lebih mematangkan rencana Anda membuka usaha cafe ini, ada beberapa catatan penting yang harus Anda ingat:

  • Pertama, untuk sewa tempat dalam estimasi modal untuk yang redaksi sampaikan diatas, Anda bisa mengurangi modal dibagian ini jika Anda punya halaman rumah yang luas yang bisa dimanfaatkan ataupun tempat lain yang sewanya lebih murah.
  • Kedua mengenai konsep cafe mininya. Apakah cafe dengan konsep ruangan terbuka atau di dalam ruangan.
  • Perhatikan pula, bahwa usaha cafe yang Anda buka memiliki ciri khas atau pembeda dengan usaha cafe yang sudah ada.
  • Karena ini masih awal membuka usaha, maka sebaiknya jangan lebih dahulu  berbelanja bahan baku dalam jumlah yang banyak atau terlalu berlebihan.
  • Stok bahan bahn baku untuk seminggu saja dulu, sembari melihat seberapa banyak pengunjung cafe Anda dan memantau perkembangannya.
  • Jika memang para pengunjung yang datang makin banyak, Anda bisa memperbesar modal untuk membeli bahan baku untuk mencukupi kebutuhan.
  • Kemudian, untuk peralatan masak, estimasi diatas adalah harga pembelian alat-alat yang masak baru.
Baca Juga :  Menu Takjil Untuk Jualan di Bulan Puasa yang Paling Laris

Seperti yang sudah redaksi singgung diawal, usaha cafe mini ini sangat cocok dijalankan oleh anak muda millenial yang ingin belajar berusaha atau berbisnis.

Sehingga, kenapa dalam estimasi modal yang redaksi sebutkan tidak ada anggaran atau pos untuk gaji karyawan, karena usaha ini cocok sebagai usaha patungan sehingga keuntungan yang didapatkan akan di bagi untuk masing-masing.

Demikian informasi mengenai perkiraan modal awal untuk membuka usaha cafe mini yang sebaiknya Anda pelajari lebih dalam lagi sebelum memutuskan membuka usaha cafe tersebut.

Selamat berusaha dan semoga sukses.

Pos terkait