Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid

Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid

aramedia.ID – Untuk pengguna Telkomsel, terkadang mengalami masalah atau error ketika melakukan pengecekan lewat nomor USSD, misalnya ketika mengecek sisa pulsa atau sisa kuota. Untuk cara mengatasi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid tersebut, bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini.

Sebagaimaa kita tahu, cara yang paling praktis dan paling mudah dilakukan untuk melakukan pengecekan pulsa atau sisa kuota adalah lewat kode USSD yang biasanya diakses lewat kode *888#.

Selain itu, ada sejumlah kode lain yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya *363# untuk beli paket internet, *808# untuk cek nomor sendiri dan masih banyak lagi jenis kode USSD yang bisa dilakukan.

Bacaan Lainnya

Namun sayangnya, dalam beberapa kasus ketika melakukan pengecekan dengan kode tersebut pengguna mengalami error, dimana muncul peringatan berupa masalah sambungan atau kode mmi tidak valid pada layar Hp mereka.

Ketika mengalami masalah seperti ini tentu pengguna tidak bisa melanjutkan proses pengecekan sehingga tidak bisa mengetahui hasilnya.

Baca Juga :  Aplikasi My Telkomsel Error, Begini Cara Mengatasinya

Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan redaksi bahas mengenai bagaimana cara mengatasi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid tersebut pada nomor Telkomsel yang Anda gunakan.

Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau Kode MMI Tidak Valid

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan ketika Anda mengalami masalah seperti ini. Mengutip informasi yang dimuat pada laman resmi Telkomsel, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini untuk solusinya.

  • Lakukan Restart Hp yang digunakan

Untuk langkah pertama, bagaimana cara mengatasi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid tersebut bisa dilakukan dengan melakukan restart pada perangkat yang digunakan.

Ini merupakan cara umum yang bisa dilakukan ketika sebuah ponsel mengalami error fungsi. Untuk cara melakukan restart sendiri juga cukup  mudah, hanya tinggal menekan tombol power lalu pilih menu muat ulang perangkat.

Lalu tunggu hingga ponsel aktif kembali.

  • Aktifkan Mode Pesawat

Cara berikutnya yang bisa dicoba untukk mengatasi masalah seperti ini adalah dengan mengaktifkan fitur atau mode pesawat untuk beberapa saat kemudian matikan fitur atau mode tersebut.

Baca Juga :  Solusi Kartu Telkomsel Maaf Sistem Sedang Sibuk

Dengan cara ini, maka sistem pada peramngkat akan merefresh jaringan sehingga sinyal akan muncul kembali dengan optimal.

  • Pastikan Sinyal atau Jaringan Tersedia

Salah satu penyebab kenapa muncul masalah seperti ini, dikarenakan sinyal atau jaringan yang ditangkap oleh ponsel milim pengguna tidak maksimal.

Biasanya karena pengguna berada didalam gedung atau terhalang bangunan yang tinggi, atau bahkan berada pada wilayah yang susah sinyal.

Sehingga solusinya yang bisa dilakukan adalah dengan berpindah pada area yang memiliki pancaran sinyal yang cukup kuat, sehingga proses pengecekan lewat kode USSD bisa berhasil dan tidak muncul kesalahan seperti itu.

  • Kesalahan Kode

Hal yang perlu diperhatikan adalah kode yang digunakan harus benar-benar sesusai. Misalnya ketika akan mengecek pulsa adalah lewat kode *888#.

Ketika terjadi kesalahan misalnya, kelebihan angka atau kesalahan dalam memasukan angka maka yang terjadi adalah error dan berupa kode MMI yang tidak valid.

Selain itu, kesalahan kode juga kerap dialami ketika memasukkan kode opsi. Misalnya, setelah memasukan kode awalan *888# nanti akan muncul beberapa pilihan opsi.

Baca Juga :  Kenapa Tidak Bisa Beli Paket Telkomsel Padahal Pulsa Cukup

Ketika pengguna salah salam memasukan kode atau angka dalam kolom, maka sudah tentu kode tersebut tidak bisa dieksukusi oleh sistem dan terjadi error.

  • Lakukan Test Service/Ping Pada Layanan

Untuk metode yang terakhir yang bisa dilakukan untuk cara mengatasi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid tersebut adalah dengan melakuan test service jaringan atau ping pada layanan operator.

Untuk caranya, bisa lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu panggilan
  • Ketikan kode berikut  *#*#4636#*#*
  • Nanti secara otomatis akan muncul mode ‘Service’.
  • Selanjutnya, silahkan Anda pilih dan masuk ke mode ‘Layanan’
  • Kemudian Anda pilih ‘Informasi perangkat’ atau ‘Informasi telepon’.
  • Selanjutnya, pilih opsi menu berupa ‘Jalankan tes Ping’
  • Terkahir, silahkan Anda klik tombol ‘Turn Radio Off’ dan pilih ‘Restart’.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa metode yang bisa dilakukan sebagai cara untuk mengatasi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid.

Semoga informasi yang redaksi sampaikan pada artikel kali ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba.

Pos terkait