Kenapa Kucing Tidak Mau Makan? Yuk Cari Tahu Penyebabnya

Kenapa Kucing Tidak Mau Makan? Yuk Cari Tahu Penyebabnya

aramedia.ID – Apakah Anda termasuk salah satu pecinta kucing? Pasti pernah melihat kucing kesayangan Anda tiba-tiba mogok makan. Jika hal ini terjadi, pasti Anda akan kebingungan kenapa kucing tidak mau makan meski sudah diberikan makanan favoritnya.

Sebenarnya kucing mogok makan merupakan hal yang biasa. Seringkali, hal tersebut terjadi dikarenakan kucing kesayangan kalian sedang merasa bosan dengan menu makanan sehari-harinya atau ia hanya ingin mencoba sesuatu yang baru.

Namun, bisa juga alasan kenapa kucing tidak mau makan karena faktor kesehatan si mpuss itu sendiri. Penyebab kucing tidak mau makan seringkali mengindikasikan adanya penyakit.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Begini Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Baju Putih

Jadi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter hewan segera setelah Anda melihat perubahan dalam kebiasaan makan kucing peliharaan.

Semakin cepat Anda merespons masalah, semakin Anda mampu melakukan sesuatu yang dapat membantu dan meningkatkan kembali kondisi kesehatannya.

Penyebab Kenapa Kucing Tidak Mau Makan

Namun selain faktor kesehatan dari si meong itu sendiri, diketahui ada beberapa penyebab mengapa kucing tidak mau makan.

Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Karena Faktor Makanan

Sama halnya dengan manusia, kucing juga memilikii rasa bosan terhadap makanan. Jika setiap hari pemiliki hanya memberikan makanan yang itu-itu saja, biasanya kucing akan malas memakannya.

Karena itu, cobalah untuk mengganti variamai makanan si kucing agar ia bisa tetap sehat dan mau makan dengan lahap.

  • Mulutnya Bermasalah
Baca Juga :  Medali Perunggu Merupakan Perpaduan Logam Antara

Selanjutnya, ketika kucing tidak mau makan bisa jadi disebabkan oleh mulut si kucing yang sedang bermasalah. Paling sering ditemui, kasus ada duri ikan atau tulang yang menancap didalam mulut si kucing.

Jadi, ketika kucing sedang tidak bernafsu untuk makan coba cek bagian mulut kucing jangan sampai ada sesuatu yang tidak beres di dalam mulut si kucing.

  • Si Mpus Lagi Mager atau Bosan

Ini juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa kucing kesayangan tidak mau makan seperti biasanya. Kucing juga terkadang merasa bosan dan cenderung malas untuk bermain, bahkan makan.

Ketika sedang bosan, beberapa ras kucing seperti ras kucing persia akan cenderung lebih suka tidur daripada bermain atau makan.

  • Ada Masalah Dengan pencernaannya
Baca Juga :  Begini Cara Menyimpan Bawang Merah Agar Awet

Saat pencernaanya terganggu, entah karena makanan atau ada benda asing yang masuk kedalam perutnya, kucing kan cenderung menunjukan sikap yang malas dan tak mau makan.

Ia juga kadang lebih sensitif, ketika diganggu atau diajak bermain ia akan enggan atau bahkan mencakar.

Karena itu, jika kalian mendapati kucing kalian tidak kehilangan nafsu makan yang tidak seperti biasanya, cobalah cek kondisinya. Apakah karena ada masalah kesehatan yang terganggu, mengalami maslaahh dimulut atau hanya karena si Mpuss sedang bosan dan ingin menu baru.

Merawat kucing sebenarnya gampang-gampang susah, sebagai pemilik kalian harus peka dengan apa yang terjadi dengan kucing kalian.

Pos terkait