Cara Mengubah Ponsel Android Jadi Webcam dengan Mudah

  • Whatsapp
Cara Mengubah Ponsel Android Jadi Webcam dengan Mudah

aramedia.ID – Dengan maraknya penggunaan video confrence untuk meeting maupun kegiatan belajar mengajar, laptop atau komputer yang dibekali webcam kualitas bagus menjadi pilihan. Tapi bagi sebagian orang yang webcam-nya berkualitas jelek tentu merasa tak nyaman.

Namun dengan perkembangan teknologi saat ini, Anda dapat memanfaatkan ponsel untuk dijadikan webcam. Dengan begitu, kualitas video confrence akan terlihat lebih bagus layaknya sedang merekam video pakai kamera ponsel.

Bacaan Lainnya

Berbeda dari beberapa tahun lalu yang hanya bisa mengandalkan webcam laptop atau PC dengan kualitas kamera buram. Saat ini banyak cara yang dapat membuat aktivitas jadi lebih mudah. Salah satunya memanfaatkan hp sebagai webcam.

Dengan kemudahan tersebut Anda tidak perlu membeli webcam atau laptop baru yang tentunya akan menambah pengeluaran. Dengan hp Android apapun yang Anda miliki, Anda sudah bisa menghubungkannya ke laptop atau PC untuk dijadikan webcam.

Baca Juga:  Begini Cara Backup Data Google Plus Anda Sebelum Resmi Ditutup

Nah, untuk dapat mengubah hp Android jadi webcam diperlukan aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh di Google Play. Ada dua aplikasi webcam populer yang sering digunakan orang, DroidCam dan IP Webcam. Jadi sebelum mengikuti langkah selanjutnya, Anda harus mengunduh satu dari dua aplikasi tersebut.

Cara Mengubah Ponsel Android Jadi Webcam

Menggunakan Aplikasi DroidCam

DroidCam adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Dev47Apps dengan fungsi mengubah perangkat Android menjadi webcam nirkabel. Dari sekian banyak aplikasi serupa, DroidCam menempati urutan kedua yang paling banyak diunduh di bawah IP Webcam.

  • Setelah aplikasi DroidCam terunduh di ponsel Anda, unduh juga Dev47Apps Windows Clientpada laptop atau PC, namun kalau sebelumnya sudah terunduh, skip ke langkah berikutnya
  • Colokkan ponsel Anda ke kabel USB dan hubungkan ke laptop atau PC
  • Setelah perangkat seluler terhubung ke desktop atau PC, buka aplikasi DroidCam Client pada komputer Anda
  • Selanjutnya pilih ikon USB lalu klik mulai/start
  • Terakhir tinggal tunggu proses selesai, dengan begitu ponsel Android sudah berhasil diubah menjadi webcam
Baca Juga:  Jangan Asal Beli, Begini Cara Membedakan iPhone Asli Atau Palsu

Menggunakan Aplikasi IP Webcam

Selain aplikasi DroidCam, Anda juga dapat mengubah ponsel Android jadi webcam dengan menggunakan aplikasi IP Webcam. Caranya juga mudah dan tak jauh berbeda dari sebelumnya. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Setelah aplikasi IP Webcam terpasang di hp Anda, install juga IP Camera Adapter pada laptop
  • Selanjutnya buka aplikasi IP Webcam pada ponsel, isi kolom yang tertera pada layar berupa username, password, dan lain-lain
  • Setelah itu tekan Start Server pada layar
  • Pada layar bagian bawah ponsel akan muncul alamat IP
  • Salin dan buka alamat IP tersebut di mesin pencarian PC
  • Selanjutnya buka aplikasi Configure IP Camera Adapter yang sebelumnya telah Anda pasang di PC
  • Setelah dibuka, cari URL Feed Camera dan ganti dengan port dan alamat IP-nya dari aplikasi IP Webcam tadi
Baca Juga:  Pemerintah Akan Tindak Tegas Pembuat Hoaks soal Virus Corona

Baik DroidCam maupun IP Webcam sama-sama memiliki review yang bagus di Google Play, artinya kedua aplikasi tersebut sangat direkomendasikan buat Anda yang ingin membuat hp Android jadi webcam.

Semua cara ubah ponsel jadi webcam yang kami berikan di atas bisa dilakukan untuk semua hp berbasis Android. Tinggal pilih saja cara mana yang menurut Anda paling mudah.

Selain untuk video confrence, alih fungsi smartphone jadi webcam ini juga dapat dimanfaatkan untuk video call atau live streaming. Sekian pembahasan tentang cara membuat hp Android jadi webcam pada artikel ini. Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *