Kuliner Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang yang Rasanya Kebangetan, Wajib Coba!

  • Whatsapp
Kuliner Khas Makassar yang Berbahan Dasar Buah Pisang

aramedia.ID – Apabila Anda berkunjung ke Makassar, pasti akan menemukan berbagai macam makanan yang mempunyai bahan dasar pisang. Mengapa demikian ? sebab hampir semua Kuliner Khas Makassar memang berbahan dasarnya dari buah pisang.

Ada beberapa jenis Kuliner Khas Makassar yang terbuat dari bahan dasar pisang yang bisa anda coba, yang rasanya di jamin bakalan bikin nagih.

Bacaan Lainnya

Kuliner Khas Makassar Dengan Bahan Dasar Pisang

Beberapa dari Anda jika jalan-jalan ke Makasar, maka jangan lupa untuk mencoba Kuliner Khas Makassar di bawah ini!

Sanggara’ Balanda

Makanan khas Makassar ini menyematkan kata Sanggara’ yang memiliki arti olahan pisang goreng. Perlu Anda ketahui jenis pisang yang diolah adalah pisang raja atau juga pisang tanduk yang sudah matang sempurna.

Baca Juga:  Taman Harmoni Surabaya, Tempat Paling Pas Untuk Liburan Keluarga

Proses pembuatannya, pisang dibelah tengahnya dan digoreng, selanjutnya diberi campuran karamel, kacang tanah sangrai, dan gula aren.

Bandang-bandang

Kue tradisional khas Bugis daerah Makassar ini ternyata juga berbahan dasar pisang. Hal itu termasuk juga dalam kue basah yang juga disebut dengan nagasari ini.

Kuliner Khas Makassar ini terbuat dari tepung beras, santan, dan gula pasir. Semua bahan tersebut diaduk hingga mengental, kemudian ditaruh di sebuah daun pisang sebagai pembungkus. Nggak lupa pisang rebus yang sudah diiris sebagai isian kue.

Barongko

Camilan khas Bugis-Makassar selanutnya yang berbahan dasar pisang ini adalah Barongko. Cara membuatnya juga bisa dikatakan cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan pisang matang.

Kemudian masukkan telur, santan, dan gula pasir. Tersakhir tinggal ungkus adonan dengan daun pisang, kemudian kukus.

Kambeng Kambeng Pisang

Masih dengan olahan berbahan dasar pisang yang enak digoreng dengan tepung. Di Kota ini, Anda bisa menemukan pisang goreng potongan dadu yang gurih dan renyah.

Baca Juga:  Objek Wisata di Tangerang yang Wajib dikunjungi Saat Akhir Pekan

Pada umumnya ini akan disuguhkan saat jamuan minum teh yang menyegarkan di pagi hari.

Jadde’ Utti

Jadde’ dalam bahawa Indonesia memiliki arti olahan singkong dan Utti atau memiliki arti pisang. Perlu Anda ketahui, bahan untuk membuat camilan khas Nusantara ini berasal dari kedua bahan ini.

Yang cukup menarik adalah pisang yang dibungkus dengan adonan singkong memiliki warna cerah. Bertambah nikmat dengantaburan kelapa parut yang gurih.

Pisang Epe

Mungkin ini bisa di katakan berbeda dengan menu olahan lainnya, perlu Anda ketahui bahwa pisang epe ini dimasak dengan cara dibakar. Yang cukup membuat spesial adalah Kuliner Khas Makassar ini disajikan dengan saus gula aren yang manisnya khas.

Untuk menambah kenikmatannya Anda bisa membuatnya dengan aneka topping buah-buahan seperti durian.

Pisang Ijo

Untuk kuliner yang satu ini, rasanya sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat tanah air. Pasalnya minuman khas dari pulau daeng ini cukup terkenal karena rasanya yang lezat dan tampilannya yang menggugah selera.

Baca Juga:  10 Destinasi Wisata di Kediri Yang Wajib di Kunjungi

Berbahan dasar pisang raja mengkal yang di rebus dan dibalut dengan adonan berwarna hijau mirip kue dadar gulung, cara penyajiannya dengan menambahkan semacam kuah kental yang terbuat dari tepung beras dan santan.

Di tambah dengan es dan disiram dengan sirup merah dan susu kental manis, minuman ini cocok di santap saat siang hari di saat cuaca sedang panas terik.

Bagaimana, sudah tahu bukan Kuliner Khas Makassar yang berbahan dasar pisang? Jika memang Anda tidak memiliki waktu untuk pergi kesana, Anda bisa memasak sendiri di rumah. Karena seperti yang di jelaskan di atas, cara membuatnya cukup mudah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *