Berbagai Jenis Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengobatinya

  • Whatsapp
Berbagai Jenis Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengobatinya

aramedia.ID – Merawat ikan koi itu ternyata susah-susah gampang. Karena ada berbagai jenis penyakit ikan koi yang tidak disadari oleh pemiliknya yang bisa mengancam kesehatan ikan koi itu sendiri.

Ikan koi adalah jenis ikan peliharaan yang cukup populer dan memiliki harga yang cukup menguras isi dompet.

Bacaan Lainnya

Karena itu, dalam perawatannya pun harus dilakukan dengan serius agar uang yang dikeluarkan untuk membeli ikan jenis ini tak sia-sia karena ikan mati disebabkan oleh ketidaktahuan pemiliknya dalam merawat ikan koi.

Salah satu yang paling utama dalam perawatan ikan koi adalah mengenai air pada kolam yang digunakan untuk memelihara ikan koi.

Baca Juga :  Ide Bisnis Budidaya Ikan Koi, Peluang Usaha yang Menjanjikan

Jika kondisi air pada kolam kotor karena sirkulasi aliaran air yang tak normal hal itu bisa memicu munculnya  parasit bisa mengganggu kesehatan dan menyebabkan berbagai jenis penyakit pada ikan koi.

Nah, pada kseempatan kali ini redaksi akan memberikan sedikit pengetahuan mengenai berbagai jenis penyakit yang kerap di alami oleh ikan peliharaan ini serta bagaimana cara yang tepat dalam mengatasi atau mengobatinya.

Jenis Penyakit Ikan Koi dan Cara Mengobatinya

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini ada berbagai jenis penyakit yang sering menyerang ikan koi dan cara mengatasinya.

  • Penyakit Kapas Putih

Penyakit ini umumnya disebabkan oleh sejenis jamur saprolegnia yang biasanya ditemukan dan hidup pada air kolam yang kotor karena jarang dibersihkan. Jamur ini menyerang atau menempal pada bagian tubuh koi yang terluka.

Cara mengobatinya: siapkan larutan garam dapur (NaCL) dengan konsentrasi 1,5-2,5%, lalu celupkan atau bilas ikan yang terkena jamur ini dengan larutan tersebut.

Jika ada bagian ikan yang terluka obati dengan menggunakan obat merah menggunakan bulu ayam.

  • Penyakit Bintik putih ( white spot)

Selanjutnya ada jenis penyakit ikan koi yang dikenal dengan nama bintik putih atau white spot. Penyakit ini disebabkan oleh protoza sejenis Ichchyophthirius multifilis.

Penyakit bintik putih ini menyerang pada bagian sirip, ekor, kepala, dan insang terutama pada ikan yang dipelihara di aquarium.

Baca Juga :  Perbedaan Ikan Tongkol dan Ikan Tuna yang Jarang diketahui

Cara mengobatinya: yakni dengan menambahkan larutan metheline blue sebanyak 1/2 gram untuk setiap 1000 liter air yang berguna untuk meningkatkan suhu air dan membunuh protozoa penyebab penyakit ini.

  • Penyakit lumpur

Jenis penyakit yang satu ini, umumnya dialami oleh ikan koi yang dipeliharan pada kolam dengan suhu air yang rendah.

Pemilik terlalu banyak memberikan makanan berprotein tinggi yang akhirnya akan membuat ikan mengalami iritasi karena muncul bakteri.

Cara mengobatinya: siapkan garam dapur sebanyak 10 % dari total jumlah liter air lalu rendam ikan koi beberapa saat.

Bisa juga dengan menggunakan beberapa tetes merchurochrome yang dicampurkan dengan satu sendok teh aureomycin ke dalam makanan yang diberikan untuk ikan koi.

Selama proses pengobatan ini sebaiknya ikan hanya diberi pakan kubis atau selada, ini berfungsi untuk mengembalikan fungsi kerja lambung ikan itu sendiri.

  • Penyakit Cacing Jangkar

Berikutnya ada penyakit yang dinamakan Cacing Jangkar yang juga kerap dikeluhkan para pemilik ikan Koi peliharaan.

Nama lain untuk penyakit ini adala Lernaea. Dimana umumnya cacing ini menempel pada sisik ikan koi dan juga insang ikan.

Baca Juga :  Ternyata Kandungan Gizi Ikan Tuna Sangat Baik Untuk Anak-anak

Penyakit ini cukup berbahaya jika tidak segera ditangani, karena cacing yang menempal akan menghidpa darah ikan yang bisa menyebabkan ikan kurus dan mati.

Cara mengobatinya: dengan menmbasuh ikan dalam larutan formalin atau dephterex dengan konsentrasi 25ppm selama 10 menit sebanyak 2-3 kali setiap 2 hari sekali.

Jika ada satu ikan yang menderita penyakit ini, sebaiknya pisahkan agar tidak menulari ikan yang lainnya.

  • Penyakit Jamur mulut

Penyakit ini muncul dengan ditandai adanya bercak berwarna putih pada sekitar mulut ikan, bercak putih tersebut merupakan jamur exibactercolumnaris.

Cara mengobatinya: cukup dengan mencelupkan ikan yang sudah terinfeksi jamur ini kedalam larutan air yang dicampur dengan garam dapur sebanyak 10% dari total jumlah air.

Baca Juga :  Mau Bisnis Ternak Burung, Ini Jenis burung yang Cocok

Demikian informasi mengenai beberapa jenis penyakit ikan koi yang kerap ditemukan saat memeliharan ikan jenis ini.

Jika Anda tidak berani melakukan pengobatannya sendiri atau takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada ikan koi kesayangan, sebaiknya minta bantuan kepada mereka yang sudah ahli dalam perawatan atau pemeliharaan ikan koi tersebut.

Pos terkait