Ide Bisnis Budidaya Ikan Koi, Peluang Usaha yang Menjanjikan

  • Whatsapp
Ide Bisnis Budidaya Ikan Koi, Peluang Usaha yang Menjanjikan

aramedia.ID –¬† Jika anda saat ini tengah berfikir untuk mencari peluang usaha yang cukup menjanjikan, maka ide bisnis budidaya ikan Koi mungkin bisa anda pertimbangkan untuk di coba.

Pasalnya, jenis ikan hias yang satu ini dikelanl memiliki harga jual yang cukup fantantis. Meski demikian, untuk bisa mengembangkan dan membudidayakan ikan jenis ini tidaklh semudah yang dibayangkan.

Bacaan Lainnya

Ikan koi sendiri memiliki beragam bentuk, warna dan corak yang indah. Mulai dari yang berwarna oranye terang, merah atau ada juga ikan Koi yang memiliki bentuh tubuh dengan paduan warna-warni campuran yang cukup menarik.

Ide Bisnis Budidaya Ikan Koi

Untuk memelihara jenis ikan hias ini memang tidak mudah, apalagi membudidayakannya. Namun, jika anda berhasil maka omzet jutaan bisa anda raih dengan mudah.

Dalam budidaya ikan Koi, fokus utamanya adalah membesarkan jenis ikan koi yang berkualitas bagus sehingga hasil jualnya nanti akan bagus dan semakin menguntungkan.

Baca Juga :  Inilah 4 Tips Sukses Berjualan di Facebook Bagi Pemula

Sebagai contoh, Anda bisa membesarkan ikan koi jenis yang berumur tiga tahun atau dikenal sebagai Sansai sanke, karena akan dijual lebih dari Nisai, atau koi yang berumur dua tahunan.

Nah, pada kesempatan kali ini redaksi akan memberikan pandangan bagaimana poin utama dalam pengembangan dan budidaya ikan Koi ini.

Tulisan ini tidak secara spesifik menjelaskan bagaiamana cara membudidayakan, cara perawatan dan lain-lain, namun lebih kepada memberikan akan ide atau inspirasi peluang usaha.

Persiapan Awal Budidaya Ikan Koi

Untuk tahap awal dalam membudidayakan ikan hias ini, tentu yang harus anda persiapkan lebih dahulu adalah lahan untuk dijadikan kolam pemeliharaan.

Tak perlu lebar, namun miminal dapat menampung air sekitar empat hingga enam kaki panjangnya (kurang lebih 2 meter persegi).

Selain itu, pastikan sirkulasi air disekitar tempat kolam tersebut cukup. Dengan kata lain jangan membuat kolam pemeliharaan diarea yang tertutup rapat, agar ikan bisa tumbuh dengan optimal.

Perhatikan juga sistem aerasi dan filtrasi untuk ekosistem yang bagus bagi kelangsungan hidup ikan Koi tersebut.

ANda bisa mengisi kolam seukuran empat kaki tadi dengan dua atau tiga koi kecil berkualitas tinggi untuk dibudidayakan dan dipeliahara dengan intensif dan maksimal.

Baca Juga :  Lima Ide Bisnis Modal Kecil Paling Populer Tahun Ini

Seiring waktu, jika Anda ingin menambahkan lebih banyak ikan dalam kolam tersebut, maka perlu adanya sistem karantina, seperti wadah tangki, untuk memisahkan ikan-ikan yang berisiko memiliki penyakit agar tidak menyebar ke ikan lainnya.

Sediakan juga jaring yang dibuat khusus  untuk digunakan mengambil ikan dari kolam agar tidak terkena durinya atau memudahkan saat menjualnya sewaktu-waktu.

Bahan pelengkap lain seperti mangkuk atau wadah dan kantong plastik juga diperlukan untuk memindahkan ikan ke pemilik baru atau pembeli.

Proses Pemeliharaan Ikan Koi

Setelah persiapan tahap awal dan semua kebutuhannya terpenuhi, maka tahap berikutnya adalah proses pemeliharaan ikan Koi.

Pada tahap ini merupakan tahapan yang cukup menguras modal, karena kita harus memberi pakan dengan baik agar ikan bisa tumbuh dengan maksimal, karena pertumbuhan ikan sehat adalah kunci keuntungan bisnis dar budidaya ikan Koi ini.

Temukan Pembeli yang Tepat

Ikan hias jenis ini merupakan ikan hias yang hanya di gemari oleh sejumlah kalangan. Karena itu menemukan pembeli yang tepat merupakan kunci sukses agar and abisa mearih untung dari hasil budidaya ikan koi ini.

Baca Juga :  Menu Takjil Untuk Jualan di Bulan Puasa yang Paling Laris

Jika anda belum menemukan siapa pembeli Anda, Anda bisa bekerjasama dengan para penjual ikan yang cukup populer atau toko khusus ikan hias jenis ini, lalu mereka akan menjualnya kepada orang-orang atau penghobby jenis ikan hias ini.

Harga Pasaran Ikan Koi

Anda juga perlu mengetahui berapa kisaran harga jual untuk ikan yang anda budidayakan. Melansir dari laman CNN Money, untuk harga jual berkisar dari $15 hingga $5.000 untuk koi dengan kualitas terbaik.

Tentu saja harga tersebut juga ditentukan oleh bentuk tubuh dan kualitas kulit serta warna dan pola masing-masing ikan.

Demikian informasi mengenai peluang usaha dari bisnis budidaya ikan Koi. Anda bisa lebih detail mempelajari cara memelihara dan membudidayakan ikan hias ini dengan membeli buku khusus yang membahas cara budidaya ikan ini.

Intinya, jangan pernah takut untuk mencoba dan berusaha jika anda memang berniat untuk terjun di bisnis budidaya ikan hias Koi ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.