Mau Bisnis Ternak Burung, Ini Jenis burung yang Cocok

  • Whatsapp
Mau Bisnis Ternak Burung, Ini Jenis burung yang Cocok

aramedia.ID – Memelihara burung kini bukan hanya sekedar hobby, tapi bisa jadi ide bisnis baru dengan beternak burung peliharaan. Tapi tahukah Anda, jenis burung apa saja yang cocok diternakkan dalam bisnis ternak burung ini?

Seperti kita ketahui, ada banyak jenis burung peliharaan yang saat ini banyak digemari oleh para pecinta burung. Yang paling populer tentu saja adalah jenis burung kicau, yang digemari karena suara kicauannya yang indah.

Bacaan Lainnya

Jenis burung kicau sendiri ada beraneka macam, mulai dari jenis burung yang umum dengan harga yang murah atau standar, hingga jenis burung yang mahal karena susah untuk mendapat jenis burung tersebut.

Nah dalam kesempatan kali ini, redaksi akan memberikan ide serta pengetahuan singkat mengenai jenis burung apa saja yang paling cocok untuk diternakan, sebagai lahan bisnis baru.

Jenis burung yang Cocok Untuk Bisnis Ternak Burung

Redaksi sudah mengumpulkan dan menyeleksi berbagai jenis burung, hingga didapat setidaknya ada 8 jenis burung yang dirasa sangat cocok untuk bisnis ternak burung ini.

Jenis burung apa saja, berikut ini daftarnya:

  • Burung Perkutut

Tahukan Anda, jika jenis burung yang satu ini adalah salah satu jenis burung yang mahal dan juga mudah untul diternakkan.

Baca Juga :  Bisakah Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang ?
Mau Bisnis Ternak Burung, Ini Jenis burung yang Cocok
Burung Perkutut

Bagi pecinta burung tentu tahu dengan jenis burung perkutut yang paling terkenal bernama perkutut Susi Susanti yang terkenal pada era 1995-1998.

Burung perkutut yang dinamakan seperti nama pebulu tangkis putri Indonesia ini bisa dijual dengan harga fantantis hingga Rp 3.5 Miliar.

Bisnis ternak burung yang satu ini sangat menjanjikan. Karena, untuk anak burungnya saja sudah dipatok dengan harga antara Rp 5 juta–Rp 100 juta per ekornya.

  • Burung Paruh Bengkok

Selanjutnya ada jenis burung paruh bengkok. Jenis burung yang satu ini terbilang mudah untuk diternakan namun memiliki harga jual yang lumayan mahal.

Mau Bisnis Ternak Burung, Ini Jenis burung yang Cocok
Burung Paruh Bengkok

Burung paruh bengkok di kenal sebagai salah satu jenis burung yang pandai beratraksi karena mudah untuk dilatih oleh pemiliknya.

Karena kepintarannya tersebut, tak heran jika jenis burung yang satu ini dihargai lumayan mahal. Dari informasi peternak, mereka bisa meraup omzet hingga puluhan juta hanya dari satu jenis burung ini saja.

  • Burung Jalak

Berikutnya ide bisnis ternak burung yang bisa di coba adalah dengan beterbak jenis burung Jalak. Jenis burung yang satu ini, memiliki suara khas yang keras, lantang, dan ngerol panjang.

Mau Bisnis Ternak Burung, Ini Jenis burung yang Cocok
Burung Jalak

Selain itu, ciri khas lain dari burung ini adalah kepintarannya dalam meniru suara manusia serta dikenal sangat penurut dengan pemiliknya.

Sementara untuk varian burung jalak yang sangat populer untuk diternakan Jalak Kebo dan Jalak Suren. Informasi yang redaksi dapat untuk harga jual burung Jalak Kebo dipatok Rp 1.5 – 5 juta.

Baca Juga :  Berapa Modal Untuk Membuka Cafe Mini? Berikut Perinciannya

Sedangkan untuk yang varian Jalak Suren unik bahkan bisa dijual dengan harga yang cukup fantantis mencapai Rp 7 miliar.

  • Burung Ciblek

Burung ini memiliki kemampuan yang hampir serupa dengan burung Jalak. Namun dari segi harga masih dibawah dari harga burung Jalak unik.

Mau Bisnis Ternak Burung, Ini Jenis burung yang Cocok
Burung Ciblek

Burung ini dikenal memiliki suara yang gacor, keras, variatif, dan jeda rapat. Para pecinta burung seringkali  menyebutnya sebagai burung Ciblek Viral.

Mesni Ciblek termasuk salah satu jenis burung sawah, namun jenis burung ini sangat cocok untuk diternakan karena memiliki harga jual yang lumayan tinggai sekitar Rp 28.5 juta.

  • Burung Lovebird

Jenis burung ini mungkin yang paling dikenal banyak orang. Karena selain suaranya yang merdu, tampilan atau warna burung ini juga sangat cantik.

Mau Bisnis Ternak Burung, Ini Jenis burung yang Cocok
Burung Lovebird

Untuk harganya sendiri, jenis burung Lovebird Kusumo pernah terjual dengan harga sekitar Rp 2.2 miliar.

Ada dua jenis Lovebird yang saat ini cukup populer dikalangan pecinta burung, yakni Lovebird Fretty yang dijual dengan harga Rp 1 miliar, serta Lovebird beauty atau yang dikenal juga dengan Dun Fallow yang dihargai Rp 280 juta.

  • Burung Cucak Ijo

Ide bisnis ternak burung yang bisa dicoba adalah dengan beternak jenis burung Cucak Ijo. Tapi ingat, jenis burung ini sudah masuk jenis burung yang dilindungi.

Mau Bisnis Ternak Burung, Ini Jenis burung yang Cocok
Burung Cucak Ijo

Jadi, pastikan ketika akan memelihara atau beternak jenis burung yang satu ini harus mendapat izin terlebih dahulu dari BKSDA agar tidak dianggap melanggar hukum.

Baca Juga :  Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari, Coba 5 Menu Ini

Harga jualnya sendiri berkisar Rp 30 juta. Tapi jika sudah lama dipelihara dan memiliki prestasi disejumlah konte sburung, jenis burung ini bisa ditawar dengan harga mencapai Rp 100 juta.

  • Burung Murai Batu

Para pecinta burung mungkin pernah mendengar berita tentang seekor burung jenis murai batu yang bernama Ohara yang dikenal memiliki suara yang merdu dan kerap memenangkan berbagai kompetisi.

Mau Bisnis Ternak Burung, Ini Jenis burung yang Cocok
Burung Murai Batu

Biasanya burung Murai Batu yang sudah berpretasi seperti ini memiliki harga tawar sekitar Rp 3 miliar.

Sedangkan untuk anakannya dijual dengan  harga sekitar Rp 750 ribu–Rp 2 juta.

  • Burung Kecer

Terakhir jenis burung yang cocok untuk diternakan adalah jenis burung Kecer. Jenis burung yang satu ini termasuk termasuk jenis burung yang mahal namun cukup mudah diternakkan dan dikembang biakkan.

Mau Bisnis Ternak Burung, Ini Jenis burung yang Cocok
Burung Kecer

Harga burung ini apabila sudah berprestasi mencapai puluhan bahkan hingga ratusan juta rupiah.

Demikian informasi mengenai beberpa jenis burung yang sangat cocok untuk diternakan dan dikembang biakan jika Anda ingin mencoba untuk bisnis ternak burung.

Tapi ingat, beternak burung meski terlihat mudah namun Anda harus pelajari betul-betul cara pemeliharaannya.

Agar nantinya Anda bisa menghasilkan anakan burung dengan kualitas yang bagus dan tentunya akan dihargai mahal oleh para penggemar burung.

Pos terkait