Begini Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Baju Putih

Begini Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Baju Putih
Begini Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Baju Putih

aramedia.ID – Baju putih yang bersih dan cerah tentu sangat diinginkan oleh banyak orang. Namun, seringkali kita mengalami masalah noda luntur pada baju putih yang bisa menjadi pengganggu penampilan.

Tidak perlu khawatir karena pada artikel kali ini, redaksi akan berikan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan noda luntur pada baju putih.

Jika Anda saat ini sedang dalam situasi seperti ini, dimana baju putih milik Anda kelunturan warna lain pada saat mencuci pakaian karena tercampur, coba terapkan tips yang sudah redaksi siapkan dibawah ini.

Bacaan Lainnya

Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Baju Putih

Seperti yang sudah redaksi rangkum dari berbagai sumber, ada beberapa solusi yang bisa digunakan untuk mengembalikan warna putih pada baju yang kelunturan.

Baca Juga :  Cara Memotivasi Anak Agar Rajin Belajar, Bunda Harus Tahu

Untuk detail penjelasannya, silahkan simak pada poin-poin pembahasan dibawah ini:

1. Rendam air hangat plus detergen

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan merendam baju putih dalam air hangat yang telah dicampur dengan detergen selama beberapa jam.

Pilihlah detergen yang memiliki kandungan pemutih dan penghilang noda yang kuat, salah satunya yang cukup populer dan banyak digunakan adalah deterjen cair Vanis.

Selanjutnya, setelah baju direndam kemudian, gosok atau kucek baju secara perlahan dan bilas dengan air bersih hingga bersih.

2. Gunakan campuran garam dan jeruk nipis

Untuk cara kedua adalah dengan membuat campuran garam dan jeruk nipis. Caranya, campurkan satu sendok makan garam dan setengah perasan dari buah jeruk nipis ke dalam air hangat.

Selanjutnya, rendam baju dalam campuran tersebut selama beberapa jam. Kemudian, gosok noda dengan lembut dan bilas dengan air bersih.

Baca Juga :  Cara Bikin Bubur Ayam Ala Rumahan yang Enak

3. Gosok dengan baking soda

Berikutnya, untuk cara menghilangkan noda luntur pada baju putih bisa juga dengan menggunakan baking soda. Pasalnya, baking soda memiliki sifat abrasif yang dapat membersihkan noda tanpa merusak serat baju, sehingga cukup ampuh membersihkan noda luntur

Untuk caranya sebagai berikut, campurkan 4 sendok makan baking soda dengan air hingga membentuk pasta.

Selanjutnya,oOleskan pasta tersebut pada noda dan gosok secara perlahan. Kemudian, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

4. Gosok pakai belimbing wuluh

Cara keempat adalah dengan menggunakan belimbing wuluh. Belimbing wuluh mengandung asam sitrat yang dapat membantu menghilangkan noda pada baju putih.

Caranya, iris belimbing wuluh menjadi beberapa bagian dan gosokkan pada noda secara perlahan. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

5. Gunakan larutan cuka

Terakhir, cara menghilangkan noda luntur pada baju putih adalah dengan menggunakan larutan cuka. Larutan cuka dapat membantu menghilangkan noda luntur pada baju putih.

Baca Juga :  Apakah Kentut di Dalam Air Membatalkan Puasa? Ini Jawabannya

Caranya, campurkan satu cangkir cuka putih dengan tiga cangkir air. Rendam baju dalam larutan tersebut selama beberapa jam. Kemudian, bilas dengan air bersih.

Tips Agar Baju Putih Tidak Kelunturan

Meskipun ada beberapa cara untuk menghilangkan noda luntur pada baju putih, namun sangat disarankan untuk melakukan pencegahan agar tidak terjadi noda luntur pada baju putih.

Berikut adalah beberapa tips pencegahan:

  • Pisahkan baju putih dengan baju berwarna
  • Gunakan detergen yang tepat
  • Hindari pemakaian pemutih yang berlebihan
  • Jangan membiarkan noda terlalu lama menempel pada baju

Dengan melakukan pencegahan yang tepat dan mengetahui cara menghilangkan noda luntur pada baju putih, maka baju putih yang cerah dan bersih bisa didapatkan kembali.

Demikian informasi dari redaksi mengenai beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda luntur pada baju putih.

Selamat mencoba, tips dari redkasi diatas. Semoga berhasil!

Pos terkait