Begini Cara Merawat Ikan Cupang Agar Tidak Mati

Begini Cara Merawat Ikan Cupang Agar Tidak Mati

aramedia.ID – Agar ikan cupang peliharaan Anda bisa tetap sehat dan cantik, perlu diketahui bagaimana cara merawat ikan cupang yang benar agar nantinya ikan cupang kesayangan Anda tersebut tidak mati.

Seperti kita ketahui, selain menjadi hobi memelihara ikan cupang juga bisa dijadikan salah satu peluang usaha atau bisnis yang cukup menguntungkan.

Bisnis ikan hias, salah satunya jenis ikan cupang ini mampu mendatangkan keutungan yang lumayan apabila dikelola dengan baik.

Bacaan Lainnya

Salah satunya, adalah dengan mengetahui bagaimana cara perawatan ikan hias jenis ini agar bisa tetap terlihat sehat dan cantik, sehingga akan menarik minat pembli.

Sehubungan dengan hal tersebut, redaksi sudah menyiapkan artikel yang akan mengulas bagaimana cara merawat ikan cupang ini yang bisa Anda simak detail penjelasannya pada lanjutan artikel dibawah.

Cara Merawat Ikan Cupang

Begini Cara Merawat Ikan Cupang Agar Tidak Mati

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam merawat ikan hias jenis ini agar ikan tersebut bisa bertahan hidup lebih lama.

Baca Juga :  Perbedaan Zakat Mal dan Zakat Fitrah yang Harus Anda Ketahui

1. Sesuaikan Ukuran/Wadah untuk Tempat Ikan

Tips pertama perlu Anda ketahui adalah dengan menentukan atau mencari wadah sebagai tempat ikan cupang ini yang sesuai.

Pemilihan wadah untuk tempat ikan ini sangat menentukan apakah ikan ini nantinya bisa sehat dan berkembang dengan baik atau justru akan mengalami kematian dengan cepat.

Pilihkan wadah untuk ikan cupang yang tidak terllau kecil dan tidak juga terlalu besar. Jika terlalu kecil, ikan akan mudah mati terutama ikan akan susah bergerak dan cepat merusak bagian ekornya, tapi jika terlalu besar akan lebih sulit untuk membersihkannya.

Pilih wadah yang tepat kira-kira berukuran 20x15x15 cm.

2. Jangan Salah Menggunakan Jenis Air

Selanjutnya, adalah jangan sampai Anda salah dalam menggunakan air untuk menampung ikan cupang milik Anda.

Ingat, ikan cupang adalah ikan air tawar jadi jangan sampai Anda menggunakan air laut untuk menaruh ikan cupang milik Anda.

Gunakan air bersih yang berasal dari sumur atau bisa juga dari air PDAM. Usahakan untuk diendapkan terlebih dahulu sekitar  semalaman supaya air netral dari zat kimia berbahaya.

Baca Juga :  Begini Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Baju Putih

3. Rutin Bersihkan Wadah/Akurium

Berikutnya, cara merawat ikan cupang agar tidak mati adalah dengan selalu rutin untuk membersihkan wadah atau akuarium sebagai tenpat untuk ikan tersebut.

Usahakan untuk selalu membersihkan akuarium dan mengganti airnya sebanyak 2-3 hari sekali.

4. Jangan Sentuh Ikan Saat Memindahkan

Ketika akan membersihkan wadah atau akuarium dari ikan tersebut, Pastikan untuk tidak menyentuh ikan cupang tersebut ketika akan dipindahkan.

Sebisa mungkin untuk menghindari tangan Anda menyentuh langsung sirip atau ekor dari ikan cupang tersebut karena bisa membuat sirip dan ekornya luka dan menjadi rusak rusak.

Sangat dianjurkan untuk menggunakan jaring yang terbuat dari bahan yang lembut ketika akan memindahkan ikan cupang.

5. Berikan Pakan Secara Teratur

Agar tetap sehat, Anda harus secara rutin memberikan ikan cupang peliharaan Anda tersebut dengan pakan yang berkualitas.

Beri pakan ikan, sewajarnya jangan terllau banyak atau sedikit. Jika terlalu sedikit ikan akan kelaparan dan terlalu banyak akan membuat akuaruium jadi mudah kotor.

6. Beri Daun Ketapang

Salah satu cara agar menjada ikan tetap sehat adalah dengan memberikan daun ketapang kering pada akuarium atau wadah ikan tersebut.

Baca Juga :  Mengenali Karakter Seseorang, dilihat Dari Bentuk Wajahnya

Tahukah Anda bahwa  daun ketapang ini berguna sebagai antibiotik alami yang dapat membantu menyembuhkan luka pada ikan cupang, termasuk ekor ikan cupang yang robek atau patah.

Selain itu, penggunaan daun ketapang ini juga diketahui dapat membuat kandunga Ph air yang ada dalam akuarium menjadi normal sehingga lebih sehat untuk ikan cupang tersebut.

7. Jemur dibawah Matahari

Terakhir, cara merawat ikan cupang agar tetap sehat adalah dengan sesekali menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

Saat yang paling tepat dalam menjemur ikan cupang yaitu pada jam 8-10 pagi, selama kurang lebih 30 menit. Usahakan untuk menjemur ikan cupang sebanyak 1-2 kali dalam seminggu, yang berguna untuk membunuh bakteri dan jamur yang ada di dalam kulit maupun wadah ikan cupang.

Demikian informasi dari redaksi mengenai bagaimana cara dalam merawat ikan cupang agar sehat, cantik dan tentunya agar tidak mudah mati.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba.

Pos terkait