Benarkah Mimpi Gigi Copot Bermakna Akan Ada Keluarga yang Meningal, Ini Penjelasannya

Benarkah Mimpi Gigi Copot Bermakna Akan Ada Keluarga yang Meningal, Ini Penjelasannya

aramedia.ID – Tak hanya sekedar bunga tidur, mimpi juga terkadang membawa makna atau pertanda akan suatu kejadian. Seperti halnya dengan mengalami mimpi gigi copot, banyak penafsiran yang beragam dan diyakini turun temurun, bahwa mimpi mengalami gigi lepas bermakna akan ada keluarga yang meninggal.

Namun, benarkah demikian. Dalam turats Islam, ada banyak kitab-kitab yang membahas perihal mimpi yang dialami oleh manusa. Salah satunya adalah mengenai mimpi gigi copot ini.

Dalam kitab Mu’jam Tafsir al-Ahlam,  Abdul Ghani al-Nabulsi yang merupakan seorang penyair dan penulis prosa mistis asal Syria yang lahir pada 19 Maret tahun 1641 berpendapat bahwa

Bacaan Lainnya

سن هي في المنام دالة إلى منتهى الأجل، والسن الذي كتب له، وجميع الأسنان تدل على الأهل والعشيرة

والغلمان والبنات من الأولاد

yang artinya: “Gigi di dalam mimpi menunjukkan “ujung atau batas ajal” dan umur yang ditetapkan untuknya. Adapun seluruh gigi (yang dimiliki manusia) menunjukkan keluarga, kerabat, pelayan, dan anak perempuan.”

Selain pendapat Abdul Ghani al-Nabulsi dalam kitab Mu’jam Tafsir al-Ahlam, banyak juga kitab-kitab lain yang telah membahas persoalan yang sama, seperti kitab Mausu’ah Tafsir al-Ahlam, Ta’thir al-Ahlam fi Tafsir al-Anam, Tafsir al-Ahlam.

Baca Juga :  Arti Mimpi Rumah Kemalingan Menurut Islam

Menurut kitab-kitab tersebut, gigi diibaratkan sebagai simbol keluarga. Namun juga dapat diartikan sebagai kerabat, pelayan, dan juga anak perempuan. Dalam penjelasan lain juga gigi dalam mimpi ia juga berarti harta, binatang ternak, raja, harta simpanan, kehidupan, kematian, perpisahan dan pertemuan.

Arti Mimpi Gigi Copot Menurut Abdul Ghani al-Nabulsi

Kembali ke pendapat Abdul Ghani al-Nabulsi, dalam mimpi gigi manusia diumpamakan sebagai simbol keluarga.Masing-masing gigi memiliki makna yang berbeda-beda.

Mengutip dari penjelasan di laman Bincang Syariah, sesuai dengan pendapat dari al-Nabulsai gigi bagian atas adalah bermakna anggota keluarga laki-laki dari pihak ayah. Sedangkan gigi bagian bawah adalah anggota keluarga perempuan dari pihak ibu.

Gigi bawah bagian depan menunjukkan keluarga yang paling dekat dari sang pemilik mimpi. Adapun dua gigi seri bagian atas adalah simbol dari ayah dan paman dari pihak ayah.

Sebelah kanan adalah ayah dan sebelah kiri adalah paman. Jika sang pemilik mimpi tidak memiliki ayah dan paman, maka keduanya adalah simbol untuk saudara perempuan, anak ataupun sahabat karib.

Baca Juga :  Arti Mimpi Rambut Rontok yang Perlu Anda Tahu

Untuk gigi geraham manusia adalah simbol kakek dalam mimpi manusia, atau bisa jadi merupakan anak cucu yang mengalami mimpi. Sedangkan untuk gigi seri sebelah kanan adalah simbol dari ibu dan gigi seri bagian kiri adalah simbol dari bibi.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa jika seseorang mengalami mimpi gigi copot, maka hal itu adalah pertanda bahwa salah satu dari orang terdekatnya akan meninggal atau ia akan menghilang dan tidak akan kembali lagi.

Siapa yang meninggal, tentu saja sesuai gigi mana yang copot dalam mimpi anda tersebut. Tak hanya gigi yang copot, apabila dalam mimpi mengalami atau merasakan atau melihat bahwa giginya goyah atau bergerak, maka hal itu adalah pertanda bahwa salah satu keluarganya akan mengalami sakit, tergantung di bagian mana gigi tersebut goyah.

Selanjutnya, masih mengutip dari pendapat Abdul Ghani al-Nabulsi, apabila seseorang dalam mimpinya gigi yang copot tersebut namun ia masih mengenggamnya, maka ia akan menemukan ganti keluarga baru sebagaimana keluarga lama yang telah pergi.

Baca Juga :  Arti Mimpi Kehilangan Motor Menurut Primbon Jawa

Begitu pula sebaliknya jika ia menguburnya, maka menurut pendapat al-Nabuls maka keluarga yang pergi tidak akan kembali, juga tidak akan menemukan ganti keluarga yang baru.

Demikianlah arti mimpi gigi copot menurut penjelasan dalam kitab Mu’jam Tafsir al-Ahlam. Meski sebenarnya ada banyak penjelasan terkait mimpi gigi yang tanggal ini, namu pada dasarnya apa yang diyakini secara turun temurun bahwa hal itu bermakna akan ada keluarga atau kerabat yang meninggal adalah benar sesuai penjelasan diatas.

Kendati demikian, perlu dingat bahwa apa yang dijelaskan diatas bukan berarti akan terjadi sesuai dengan apa isi dari penjelasan tersebut.

Sebagai manusia, kita hendaknya selalu memohon pertolongan dari Allah SWT dan menjadi pengingat bahwa mimpi gigi copot yang anda alami tersebut hanya sebagai teguran dari yang Maha Kuasa agar kita tetap selalu di jalan yang benar.

Sesuai firman Allah dalam surah al-Ra’d ayat 9,

عَٰلِمُ ٱلۡغَيۡبِ وَٱلشَّهَٰدَةِ ٱلۡكَبِيرُ ٱلۡمُتَعَالِ ٩

yang artinya: “Yang mengetahui semua yang ghaib dan yang nampak; Yang Maha Besar lagi Maha Tinggi.” (QS. Al-Ra’d [13]: 9)

Sumber: Bincang Syariah

Pos terkait