4 Tips Perawatan Untuk Motor Kopling Agar Tetap Awet

  • Whatsapp
4 Tips Perawatan Untuk Motor Kopling Agar Tetap Awet

aramedia.ID – Meski kini popularitas motor matic atau skutik kian tinggi, namun motor kopling tetap masih punya pangsa pasar tersendiri.

Umumnya, motor kopling di dominasi motor untuk kalangan pria atau sering sebutnya dengan istilah motor laki-laki, seperti Yamaha Vixion, Honda CBR, Kawasaki KLX  atau Ninja, serta model Suzuki GSX dan sebagainya.

Bacaan Lainnya

Meski juga ada beberapa motor tipe bebek yang juga mengadopsi kopling, seperti Suzuki Satria, Yahama MX dan beberapa jenis motor lainnya.

Berbeda dengan motor matic, untuk perawatan motor kopling sendiri cukup berbeda, karena jika di lihat dari jenis mesin dan jeroannya tipe motor laiki-laki ini butuh perawatan yang sedikit ekstra.

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini redaksi aramedia.ID akan memberikan 4 tips utama dalam perawatan untuk motor laki-laki ini yang tidak boleh di lewatkan.

Apa saja tipsnya? yuk disimak ulasannya berikut ini.

4 Tips Perawatan Untuk Motor Kopling

4 tips berikut ini merupakan poin utama yang tak boleh di lewatkan oleh pemilik kendaraan berjenis kopling, karena jika sampai tidak diperhatikan maka kemungkinan resiko kerusakan akan sangat tinggi.

  • Harus Rutin Mengganti Oli

Ini merupakan tips pertama yang tak boleh sampai terlupakan. Jadwal mengganti oli untuk motor kopling harus dilakukan secara teratur dan tepat waktu.

Untuk jenis motor ini, pergantian oli biasanya dilakukan setiap 2 ribu kilometer perjalanan. Terutama untuk motor yang di gunakan untuk kendaraan harian dan  menempuh jarak semakin jauh.

Rutin mengganti oli dapat mencegah bagian dalam mesin tetap terlindungi dengan sempurna sehingga meminimalkan gesekan yang bisa berakibat pada kerusakan yang lebih parah.

  • Selalu Cek Kampas Kopling

Ini merupakan komponen motor yang juga cukup sering mengalami aus. Sehingga, rutin untuk melakukan pengecekan bagian ini cukup penting dilakukan agar performa motor Anda tetap terjaga.

Pasalnya, ketika kampas kopling bermasalah atau aus hal tersebut dapat mengganggu kinerja mesin saat melakukan langkah perubahan transmisi.

Seringnya, pergantian atau saat oper gigi atau tranmisi akan tersendat sehingga memengaruhi laju motor dan kurang nyaman dikendarai.

Karena itu, sangat penting melakukan pengecekan pada kampas kopling untuk menjaga kelancaran saat berkendara. Jika kampas kopling sudah aus atau terkikis, segeralah lakukan pergantian agar performa motor anda tetap dalam kondisi prima.

  • Cek dan Bersihkan Kabel Kopling

Selain kampas, untuk bagian kabel kopling juga harus mendapat perawtan ekstra karena bagian ini akan bekerja secara terus menerus ketika motor di gunakan.

Dalam beberapa kasus di temui tarikan kopling terasa berat, sehingga tidak nyaman dan membuat tangan atau jari sering pegal.

Itu terjadi karena biasanya bagian dalam dari kabel kopling dalam keadaan kering atau kotor akibat karat sehingga tarikan terasa berat.

Untuk mengatasinya, berikan pelumas atau cairan anti karat kedalam bagian kabel melalui celah yang ada di handle kopling.

Lakukan secara berulang dengan menarik handle kopling sembari menuangkan cairanpelumas sedikti demi sedikit hingga tarikan kopling terasa ringan kembali.

  • Selalu Perhatikan Kualitas BBM

Untuk menjaga performa mesin motor kopling selalu dalam kondisi prima, pemilik kendaraan harus memperhatikan bahan bakar yang digunakan pada kendaraan mereka.

Untuk bahan bakar yang berkualitas adalah bahan bakar yang mengandung oktan tinggi, yaitu minimal 92 sehingga pembakaran mesin lebih sempurna dan meminimalkan terjadinya kerak.

Selain 4 tips diatas, disarankan juga untuk selalu rutin mengganti atau mengisi cairan pendingin untuk radiator, menyetel kekencangan rantai, mengecek kondisi gear (gir) baik bagian depan maupun belakang.

Demikian informasi mengenai tips perawatan untuk motor laki-laki atau motor kopling yang bisa anda lakukan agar performa motor kesayangan Anda tetap dalam keadaan prima dan tentunya akan membuat motor jadi lebih awet.

Selamat mencoba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *