aramedia.ID – Besarnya prospek bisnis kedai kopi dalam jangka panjang menjadikan para pemilik kedai-kedai kopi mulai berpikir untuk mengembangkan usaha dengan menjadikan brand mereka sebuah waralaba kedai kopi komersial.
Hal ini bukanlah hal yang mustahil, karena sudah banyak sekali kedai kopi lokal yang membuktikannya. Contoh kedai kopi lokal yang sudah berhasil dengan metode ini seperti Kopi Janji Jiwa, Kopi Tuku, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Rata-rata mereka berhasil memiliki ratusan gerai yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia hanya dalam waktu yang tidak terlalu lama.
Tapi ingat, keberhasilan mengelola waralaba seperti ini tidaklah bisa didapatkan secara instan. Dibutuhkan kesungguhan dan profesionalisme untuk mewujudkannya, khususnya dari segi manajemen dan promosi.
Tips Untuk Mengembangkan Waralaba Kedai Kopi yang Sukses
Jika Anda berkeinginan untuk menciptakan dan mengelola waralaba kedai kopi yang sukses, ada beberapa tips yang perlu untuk diperhatikan.
Bagaimana dan apa saja tipsnya? berikut sudah redaksi siapkan 4 poin utama yang bisa Anda coba:
1. Susunlah Konsep Bisnis Sebaik Mungkin
Meraih kesuksesan dalam waralaba ini hanya bisa didapatkan jika Anda menetapkan model dan konsep bisnis yang jelas dan matang. Tanpa hal ini, bisnis waralaba kedai kopi yang Anda kelola sulit untuk berkembang sesuai harapan.
Oleh karena itu, sebelum menawarkan konsep bisnis ini kepada calon investor, tentukan terlebih dahulu apakah waralaba yang nantinya akan dijalankan terbatas pada penjualan merk dagang atau termasuk juga pembelian paket usaha kedai kopi beserta booth dan seluruh bahan bakunya.
Tapi perlu Anda ingat, jika syarat dan konsep yang ingin Anda terapkan terlalu ribet dan tidak sebanding dengan tarif, besar kemungkinan calon investor jelas akan ragu dan tidak jadi ikut dalam konsep waralaba yang ingin Anda jalankan.
2. Lakukan Kajian Bisnis dengan Cermat
Sebelum mulai menjalankan waralaba ini, tentu saja Anda harus melakukan kajian bisnis dengan cermat terlebh dahulu. Jangan asal jalan, karena beresiko usaha Anda mengalami kemacetan di pertengahan jalan.
Oleh karena itu, perhitungkan dengan baik kelayakan usaha yang akan dijalankan. Caranya, perhitungkan sebaik mungkin berapa lama modal usaha bisa kembali. Semakin cepat kemungkinan untuk kembali, berarti potensi keberhasilan usaha tersebut juga semaki besar.
Selain itu, pertimbangkan juga modal dan ketersediaan bahan baku. Kedua hal ini sangat penting keberadaannya dalam usaha waralaba kedai kopi.
Salah dalam melakukan kajian bisnis, potensi kerugian yang bisa menimpa Anda akan semakin besar.
3. Perhatikan Kualitas SOP
Satu lagi poin yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam semua jenis waralaba yaitu SOP atau Standar Operasional Prosedur.
Gagal dalam menjaga kualitas SOP, maka tinggal tunggu waktu kehancuran dari usaha waralaba yang dijalankan.
Terkait dengan SOP pada waralaba kedai kopi, poin-poin penting yang perlu diperhatikan di sini sebagai berikut :
- Pemilihan bahan baku yang berkualitas.
- Metode penyimpanan bahan baku agar bisa bertahan lama dan tidak cepat rusak.
- Metode penyajian.
- Layanan Konsumen.
Jika usaha waralaba yang Anda jalankan bisa komitmen menjadi 4 poin penting SOP di atas, tentu potensi keberhasilan usaha Anda di masa mendatang akan semakin besar.
4. Daftarkan Merek Produk Anda
Tentu saja Anda harus mendaftarkan merek produk Anda jika ingin serius mengelola bisnis waralaba kedai kopi. Jika merek produk Anda terdaftar, tentu calon investor akan lebih yakin dengan bisnis waralaba yang akan Anda kembangkan.
Karena merek produk akan menjadi identitas dari usaha yang Anda kelola, tentu nama produk tersebut tidak boleh asal-asalan.
Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan merek yang unik dan berbeda dari merek lainnya.
Selain 4 tips mengelola dan mengembangkan waralaba kedai kopi yang telah disebutkan di atas, membangun manajemen yang profesional juga penting untuk diperhatikan. Khususnya, jika Anda sudah memiliki banyak cabang di mana-mana.