Terapkan Cara ini Agar Keramik Lantai Dapur Tidak Licin

  • Whatsapp
Terapkan Cara ini Agar Keramik Lantai Dapur Tidak Licin

aramedia.ID – Selain kamar mandi, salah satu ruangan yang cukup sering terjadi insiden jatuh adalah ruangan dapur. Oleh karenanya, anda harus mengetahui caranya bagaimana agar keramik lantai dapur tidak licin sehingga lebih aman saat anda melangkah diatasnya.

Insiden jatuh atau tergelincir saat melangkah dilantai lantai dapur, umumnya disebabkan oleh cara pembersihan lantai dapur tersebut yang salah.

Bacaan Lainnya

Karena, permukaan darikKeramik lantai dapur yang tidak dibersihkan dengan benar atau bahkan jarang sekaliĀ  mendapat perhatian akan sangat mudah membuat seseorang yang melangkah diatasnya tergelincir atau bahkan jatuh.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini redaksi aramedia.ID akan memberikan tips bagaimana agar lantai keramik lantai dapur tidak licin, sehingga lebih aman dan tak membuat was-was saat kita melangkah diatasnya. Yuk, disimak!

Agar Keramik Lantai Dapur Tidak Licin

Lantai keramik yang licin akan sangat berbahaya jika kita melangkah diatasnya. Resiko tergelincir dan jatuh akan sangat mungkin terjadi, dan ini bukan perkera sepele.

Berikut tips bagaimana menjaga lantai keramik dapur tetap bersih dan juga tidak licin:

  • Rutin Bersihkan

Cara pertama adalah dengan selalu rutin membersihkan permukaan keramik lantai dapur Anda. Ini berguna untuk menghilangkan ceceran minyak yang mungkin saja tumpah tanpa anda sadari.

Anda bisa mengepel lantai keramik ini, minimal dua hari sekali khusus untuk lantai dapur. Selain mencegah licin, ini juga akan menjaga kebersihan dan juga kesehatan ruangan dapur Anda.

  • Langsung Bersihkan Jika Anda Ceceran

Berikutnya anda juga bisa menerapkan tips berikut ini, yaitu dengan segera membersihkan lantai ketika ada makanan cair yang terjatuh atau adanya tumpahan air, minyak atau sejenisnya dilantai dapur Anda.

Berikan pengertian kepada anggota keluarga lain untuk menerapkan tips ini, sehingga tidak memunculkam potensi bahaya terjatuh yanga akan dialami oleh anggota kerluarga lain yang tak mengetahui adanya ceceran bekas makanan jatuh dan sebagainya.

  • Gunakan Produk Pembersih yang Sesuai

Ingat, jangan asal dalam menggunakan produk pembersih. Misalnya, menggukan deterjen atau produk pembersih yang bukan peruntukannya buat lantai keramik.

Bersih memang iya, namun hal itu akan memunculkan potensi bahaya lain yakni lantai justru akan menjadi licin.

Karena itu, pastikan Anda menggunakan produk pembersih lantai yang sesuai. Alangkah lebih baik jika anda menggunakan pembersih yang disertai dengan partikel antiselip atau slip resistant dalam keterangan kemasannya.

Walapun, harganya mungkin sedikit lebih mahal dibandingkan dengan produk lain yang tanpa antiselip, tetapi dengan menggunakan produk ini bisa mencegah dan mengurangi resiko kecelakaan terjatuh yang cukup berbahaya.

  • Pastikan Lantai Benar-Benar Kering Sebelum Menggunakan Dapur

Selanjutnya, untuk menghidari kemungkinan anda tergelincir dan terjatuh saat sedang beraktifitas di dapur adalah dengan memastikan bahwa lantai keramik dapur anda benar-benar kering sebelum anda beraktifitas di dapur.

Paling tidak tunggu wantu antara 20 sampai 30 menit setelah lantai di pel agar lantai tersebut benar-benar kering dari sisa air pel.

  • Kenali Sudut Ruangan yang Beresiko

Berikutnya adalah anda harus paham sudut ruangan mana saja di dapur anda yang kerap terjadi insiden tergelincir atau terjatuh.

Beberapa titik rawan seperti di areal dekat wastafel atau bak cuci piring, di depan kulkas, di pintu keluar masuk dan di dekat areal galon atau tempat penampungan air minum dapur merupakan titik yang harus Anda perhatikan dan sebaiknya untuk tetap berhati-hati jika melangkah diarea tersebut.

  • Lapisi Keset

Untuk beberapa area yang sering di gunakan, misal depan kompor atau depan bak cuci piring, sebaiknya lapisi permukaan lantai keramik dengan keset agar tetap kering dan tidak licin.

Demikian informasi mengenai beberapa tips dan hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan agar keramik lantai dapur tidak licin.

Semoga bermanfaat!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *